Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Kualitas Pengembangan SNI, BSN Gelar Pelatihan SDM Pengembangan Standar

  • Jumat, 05 Juli 2024
  • Humas BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi bidang Pengembangan Standar melaksanakan Pelatihan Sumber daya Perumusan SNI pada Kamis (04/07/24) di Bogor, Jawa Barat. Pembekalan dalam bentuk pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualifikasi kompetensi SDM yang terlibat dalam proses perumusan SNI, khususnya untuk mewujudkan SNI yang mudah terap, murah biaya dan manfaat bernilai tambah.

Deputi bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo, dalam sambutannya menguraikan kembali bahwa PBSN No. 8 Tahun 2022 dan operasionalisasi pengaturan ketentuan detail lainnya merupakan turunan dari amanah PP No. 34 Tahun 2018.

Sebelum masuk ke materi inti, Direktur Sistem dan Harmonisasi Pengembangan Standar BSN, Triningsih Herlinawati menjelaskan mengenai tugas dan fungsi dari Direktorat Sistem dan Harmonisasi Pengembangan Standar (Sishar PS).

Ketua Tim Kerja Sistem Pengembangan Standar, Nurhana Rafika Sari sebagai narasumber pertama memaparkan lebih detail terkait ketentuan yang ada dalam PBSN No. 8 Tahun 2022.

Selanjutnya, Analis Standardisasi Ahli Muda, Muhammad Daryl Bustaman berkesempatan memaparkan tentang Pedoman Penulisan SNI Nomor 4 Tahun 2023.

Pada sesi terakhir dilakukan praktik penulisan SNI yang dipandu oleh Analis Standardisasi Ahli Muda, Olivia Sary dan didampingi beberapa personel dari Direktorat Sishar PS.

Pada kesempatan ini, para peserta dapat praktik secara langsung dalam proses penulisan SNI yang baik dan benar.