Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Akses Pasar Global, I-CA CEPA ke-7 Rundingkan SPK secara Intensif

  • Kamis, 14 Maret 2024
  • Humas BSN

Indonesia dan Kanada telah bersepakat untuk melakukan perundingan dalam rangka mengembangkan kerja sama perdagangan bebas dalam kerangka Indonesia - Canada Comprehensive Partnership Agreement (CEPA). Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut berpartisipasi dalam pertemuan khusus dan sebagai Lead dalam pembahasan Chapter Technical Barriers to Trade / Standards, Technical Regulation and Conformity Assessment Procedures (TBT/STRACAP) yang memasuki putaran ke-7, pada tanggal 7-8 Maret 2024 di Semarang, Jawa Tengah.

Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah satu-satunya Lembaga di Indonesia yang memiliki Mutual Recognition Arrangement (MRA) saling pengakuan di bidang akreditasi tingkat internasional melalui ILAC/IAF.

Dalam pertemuan, terdapat beberapa kelompok kerja yang berunding paralel membahas pengaturan dalam memfasilitasi perdagangan barang, perdagangan jasa hingga lingkungan serta jasa telekomunikasi.

Pada putaran intersesi sebelumnya, Kanada telah menyampaikan proposal draft counter untuk TBT/STRACAP dan pada putaran kali ini dilakukan pendalaman intensif keseluruhan proposal draft text.

Kedua pihak menyampaikan pandangan, klarifikasi dan masukan terhadap proposal tersebut berdasarkan sistem yang berlaku di negara masing-masing.

­