Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indonesia Ketua ACCSQ ke-60, Dukung Berbagai Program Strategis ASEAN bidang SPK

  • Jumat, 08 Desember 2023
  • Humas BSN

ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality (ACCSQ) memasuki gelarannya yang ke-60. Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) bertindak sebagai Ketua atau Chair pada sidang badan sektoral di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di kawasan ASEAN.

Sidang ACCSQ Plenary yang berlangsung selama dua hari pada 6-7 Desember 2023 ini, dipimpin oleh Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Konny Sagala, berlangsung secara virtual dan dihadiri oleh para Delegasi ASEAN juga Delegasi Indonesia yaitu Perwakilan BSN, Kementerian Perdagangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), serta Kementerian Luar Negeri.

Salah satu agenda dalam rangkaian pertemuan ke-60 ACCSQ adalah perkembangan terkini mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Sebanyak 1,300 program atau rencana aksi yang tertuang dalam Cetak Biru MEA 2025 telah berhasil diimplementasikan dalam periode hingga Desember 2022.

Pencapaian PED Indonesia yaitu Peta Jalan Harmonisasi Standar di ASEAN yang mendukung SDGs turut menjadi perhatian dalam ACCSQ ke-60.

Saat ini PED tersebut sedang menunggu pengesahan oleh Menteri Ekonomi ASEAN.

ACCSQ akan memetakan potensi hambatan perdagangan terkait Circular Note Vietnam berkenaan dengan produk Pharmaceutical.

Pertemuan juga telah menyepakati 2024 Annual Priority (AP) Deliverables of ACCSQ.

Gelaran ACCSQ ke-61 dijadwalkan pada Bulan Juli 2024, dengan salah satu agenda yaitu serah terima Keketuaan ACCSQ kepada Lao PDR.

­