Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN – BSIP PKH Bogor Susun Skema Sertifikasi Dukung Siskeswannas

  • Rabu, 22 November 2023
  • Humas BSN

Dalam rangka mendukung program Pemerintah terkait Sistem Kesehatan Hewan Nasional (Siskeswannas), Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Peternakan dan Kesehatan Hewan (BSIP PKH) Bogor, Jawa Barat melaksanakan kegiatan dengar pendapat dengan para penyelenggara layanan rumah sakit hewan di Surabaya, Jawa Timur guna penyusunan skema sertifikasi SNI 9184:2023 Pelayanan kesehatan hewan – Rumah sakit hewan, klinik hewan, dan praktik dokter hewan mandiri, pada Jumat (17/11/2023) yang bertempat di Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Konny Sagala mengungkap, “Saat ini BSN telah menerbitkan SNI 9184:2023 dan menargetkan untuk dapat menyelesaikan penyusunan skema sertifikasi dimaksud”.

Sehingga, sambungnya, bermanfaat bagi Lembaga Sertifikasi untuk digunakan sebagai acuan dalam melakukan sertifikasi kepada pihak yang akan menerapkan SNI 9184: 2023, seperti rumah sakit hewan, klinik hewan, termasuk praktik dokter hewan mandiri.

“Nantinya, Sertifikasi SNI 9184: 2023 bagi tempat penyelenggaraan layanan kesehatan hewan masih bersifat sukarela,” pungkas Konny.

KLT BSN Jawa Timur siap untuk berkolaborasi dengan seluruh Stakeholder termasuk terkait kegiatan pendampingan penerapan SNI di Rumah Sakit Hewan di Jawa Timur.

Kegiatan ini diikuti dengan kunjungan di seluruh area Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

­