Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Coaching dan Mentoring Generasi Muda BSN dalam Memajukan Penerapan SNI

  • Rabu, 18 Oktober 2023
  • Humas BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus berkomitmen untuk memfasilitasi dan mendampingi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Sesuai amanah Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 Pasal 53 bahwa BSN bekerja sama dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah NonKementerian lainnya, dan/atau Pemerintah Daerah untuk melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha dan masyarakat dalam penerapan SNI.

Sudah menjadi kewajiban seluruh insan BSN, termasuk para generasi muda untuk melanjutkan tongkat estafet kemajuan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia dengan cara menjalankan tugas dan fungsi BSN dengan baik, tak terkecuali untuk mengajak masyarakat agar menerapkan SNI. Oleh karena itu, dalam rangka peningkatan kompetensi generasi muda BSN, BSN melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (Pusbang SDM SPK) melaksanakan program kegiatan coaching dan mentoring terkait penyusunan profiling UKM nasional pada Jumat (13/10/2023) di kantor BSN, Serpong, Tangerang Selatan. Peserta terdiri dari para generasi muda ASN BSN.

Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat digunakan sebagai ajang silaturahmi sehingga dapat menciptakan iklim komunikasi yang semakin baik antar unit di organisasi.

“Selain dapat mengembangkan kemampuan teman-teman terkait tugas dan fungsi BSN, para UKM diluar sana kita bisa bantu untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa dengan melakukan penerapan SNI ini”, pesan Kepala Pusbang SDM SPK BSN, Arini Widyastuti.

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, Triningsih Herlinawati menjelaskan tugas terkait Pembinaan UKM dalam Penerapan SNI.

Regulasi persyaratan ekspor ke ASEAN dipaparkan oleh Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Tyas Kurniasih.

Program kegiatan coaching dan mentoring terkait penyusunan profiling UKM nasional pada Jumat (13/10/2023) di kantor BSN, Serpong, Tangerang Selatan.