Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Integrasikan Layanan Terpadu dengan PLUT Kemenkop UKM

  • Rabu, 27 September 2023
  • Humas BSN

Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Yulius pada Selasa (26/9/2023) di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta.

Perjanjian Kerja Sama ini mengenai Kolaborasi Penyelenggaraan Standardisasi bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) melalui Layanan Terpadu BSN pada Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil (PLUT-KUMKM).

Ruang lingkup kegiatan Perjanjian Kerja Sama meliputi: Penyediaan dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI); Diseminasi dan Sosialisasi Penerapan SNI; Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pendamping dan Pelaku UMK; Pengintegrasian layanan infor

Melalui kerja sama ini, Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo berharap dapat mengintegrasikan Layanan Terpadu BSN dengan layanan yang ada di PLUT-KUMKM dan membawa manfaat bagi pelaku usaha mikro dan kecil.

"Harapannya Standar Nasional Indonesia (SNI) bisa dianggap sebagai mitra oleh pelaku usaha mikro untuk meningkatkan usahanya, atau SNI bisa berperan dalam transformasi kualitas dan menaikkan kelas usaha mikro," tutur Donny.

Dalam kesempatan ini, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop-UKM, Yulius mengatakan bahwa saat ini terdapat 87 PLUT-KUMKM yang tersebar di seluruh Indonesia, dan 15 diantaranya telah berstatus UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah).

Selain itu, PLUT juga didukung oleh 332 konsultan pendamping yang siap untuk membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini turut dihadiri Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri, serta jajaran Pimpinan di lingkungan Kemenkop UKM.

­