Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peluncuran Publikasi Baru ISO Terkait Penggunaan Standar Dalam Regulasi

  • Rabu, 20 September 2023
  • Humas BSN

Memahami bahwa standar belum dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah atau regulator di seluruh dunia, termasuk standar International Oganization for Standardization (ISO), ISO mempublikasikan dokumen panduan (toolkit) bagi badan-badan standardisasi anggotanya dari 169 negara, di tengah pelaksanaan Pertemuan Tahunan 2023 (ISO Annual Meeting) di Brisbane, Australia yang berjudul Standards and Public Policy: A toolkit for national standards bodies.

 

Peluncuran secara resmi dokumen toolkits tersebut ditandai dengan penyelenggaraan workshop dengan tema Putting Standards on The Policy Agenda: How to engage with policy makers pada Rabu (20/9/2023). Dalam wokshop tersebut Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad, ditunjuk menjadi salah satu fasilitator untuk berbagi pengalaman dalam berkolaborasi dengan Kementerian dan Lembaga selaku policy makers dan regulator terkait penggunaan Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam mendukung pembangunan eko sistem kendaran bermotor listrik berbasis baterai.

“Banyak manfaat yang dapat diambil ketika standar diadopsi menjadi regulasi, di antaranya adalah keberterimaan (acceptance) oleh para pemangku kepentingan terkait persyaratan yang terkandung dalam suatu standar akan lebih mudah,” ungkap Kukuh.

Pertemuan ini memberikan wawasan mulai dari teknik-teknik keterlibatan sampai ide-ide inspiratif untuk advokasi yang persuasif, khususnya di bidang-bidang utama seperti iklim, perdagangan, dan inovasi, mempelajari keberhasilan, dan memahami toolkit ISO un