Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium SNSU Kimia BSN Terima Peer Review

  • Jumat, 18 Agustus 2023
  • Humas BSN

Deputi Bidang SNSU BSN menerima peer review dengan ruang lingkup elektrokimia, analisis anorganik, analisis organik, dan analisis gas di laboratorium SNSU BSN, Serpong pada 1-2 Agustus dan dilanjutkan pada 8-10 Agustus 2023.

Peer review ini dipimpin oleh asesor kepala KAN, Fajarina Budiantari yang beranggotakan Toshiaki Asakai dari NMIJ (Jepang); Charun Yafa dari NMIT (Thailand); Nobuyasu Itoh dari NMIJ (Jepang); dan Jin Seog Kim dari KRISS (Korea).

Hasil peer review menunjukkan bahwa Laboratorium SNSU sudah memenuhi dan mengimplementasikan persyaratan dalam ISO/IEC 17025:2017 terkait kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi serta ISO 17034:2016 terkait Produsen Bahan Acuan.

Deputi Bidang SNSU Y. Kristianto Widiwardono menyampaikan bahwa peer review ini penting karena dari temuan yang ada, Laboratorium SNSU Kimia BSN dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem.

Tindak lanjut dari hasil peer review ini adalah Laboratorium SNSU Kimia BSN akan melakukan tindakan perbaikan dalam jangka waktu yang ditetapkan, serta akan mengajukan untuk mengklaim kemampuan kalibrasi & pengukuran (CMC) ke APMP.

­