Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan PTB Susun Rekomendasi Pengelolaan Sludge pada Industri Tekstil

  • Jumat, 19 Juli 2024
  • Humas BSN

Dalam rangka meningkatkan ketersediaan dan penggunaan layanan infrastuktur mutu di bidang lingkungan hidup dan pemantuan iklim, terutama yang berkaitan dengan analisis air dan udara, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Institute Metrology Jerman, Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB), melaksanakan program “Strengthening Quality Infrastructure Services in Environmental and Climate Monitoring in Indonesia”. Salah satu pilot project yang dilaksanakan berfokus pada masalah pengolahan limbah untuk industri tekstil di Bandung, khususnya pengelolaan sludge. Untuk mensosialisasikan hasil pilot project tersebut, BSN bersama dengan PTB menggelar seminar dengan tema “Rekomendasi Praktis untuk Pengelolaan Sludge pada Industri Tekstil” pada Jumat (19/7/2024) di Bandung, Jawa Barat.

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah mengatakan, limbah harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, lingkungan dan masyarakat.

Rekomendasi dari Pilot Project “Pengelolaan Sludge pada Industri Tekstil” dikupas lebih lanjut oleh Tenaga ahli dari BRIN, ITB, BBSPJI Tekstil, dan PT Sucofindo.

Seminar ini diikuti oleh perwakilan dari pengelola industri tekstil di kawasan Bandung.