Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standar Lindungi Konsumen di Era Ekonomi Digital

  • Kamis, 24 Mei 2018
  • - -

Berbarengan dengan penyelenggaraan Sidang International ISO/COPOLCO (International Organization for Standardization /Committee on Consumer Policy) ke-40 yang berlangsung pada tanggal 7 – 10 Mei 2018, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan ISO COPOLCO menyelenggarakan Workshop “Consumer Protection in the Digital Economy” di Nusa Dua - Bali, Rabu (09/05/2018). Workshop ini dibuka oleh Chair ISO COPOLCO, Guillermo Zucal, Sekretaris Jenderal ISO, Sergio Mujica serta Kepala BSN, Bambang Prasetya.

Kepala BSN, Bambang Prasetya bersama Sekretaris Jenderal ISO, Sergio Mujica memukul gong tanda dibukanya Workshop “Consumer Protection in the Digital Economy” di Nusa Dua - Bali, Rabu (09/05/2018)

Dibalik kemudahan yang didapat dari perkembangan ekonomi digital, konsumen memiliki banyak resiko, mulai dari ketidakpastian pengiriman produk, sampai kekhawatiran menjadi korban atas penipuan bisnis. "Di sinilah standar dapat berperan," ujar Bambang.

Sergio pun berpendapat bahwa untuk menyikapi perkembangan teknologi, dibutuhkan pengembangan standar yang berkualitas tinggi. "Standar dikembangkan dengan kualitas tinggi, oleh para ahli yang dapat memenuhi kebutuhan industri, pemerintah, dan juga kebutuh

Chair ISO COPOLCO, Guillermo Zucal pun berpendapat bahwa kita tidak bisa menghindari perkembangan teknologi. "Namun penggunaan teknologi tetap memiliki kemungkinan resiko bagi konsumen. Itulah mengapa pentingnya disusun standar yang dapat melindungi konsu

Workshop ini merupakan sarana yang ideal bagi para peserta untuk bertukar informasi yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perumusan kebijakan perlidungan konsumen di era digital economy.