Badan Standardisasi Nasional
 
  • A
  • A

Jasa Informasi Standardisasi

  • Jumat, 08 Desember 2017

BSN menyediakan jasa Informasi Standardisasi yang meliputi layanan perpustakaan dan layanan informasi bidang standardisasi, diantaranya informasi tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) dan regulasi teknis, standar internasional, mancanegara dan hal lainnya terkait standardisasi yang dapat memenuhi kebutuhan informasi di kalangan stakeholder standardisasi.

Bentuk layanan yang disediakan BSN diantaranya adalah layanan dokumen SNI, standar internasional dan standar mancanegara. Untuk layanan tersebut dikenakan tarif yang diatur dalam PP No. 62 Tahun 2007 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar layanan publik yang sudah ditetapkan oleh BSN, dokumen tersebut dapat di unduh di sini

Indek Kepuasan Pelanggan Pengguna Layanan Perpustakaan BSN Tahun 2015

MAKLUMAT PELAYANAN JASA INFORMASI STANDARDISASI

Kami menyatakan akan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk dapat:
1. Memberikan pelayanan jasa informasi standardisasi dengan cepat dan responsif  
2. Menyediakan informasi standardisasi yang tepat, akurat, dan terkini (up to date)  
3. Menjamin pemberian pelayanan standar sesuai dengan tarif dan ketentuan yang telah ditetapkan  
4. Menjamin penggunaan seluruh koleksi, layanan dan fasilitas pelayanan sesuai dengan ketentuan dan tata tertib yang berlaku  
5. Menyediakan ruang dan fasilitas yang aman, nyaman dan tertata baik  
6. Menyiapkan petugas yang profesional, berdedikasi dan siap melayani  

 

Selain menjadi ISONET (ISO Information Network) Reference Point, BSN dalam rangka Persetujuan WTO tentang Hambatan Teknis terhadap Perdagangan (TBT) bertindak sebagai pelaksana Enquiry Point Indonesia.

Koleksi Perpustakaan

Perpustakaan BSN memberikan layanan kepada penggunanya berupa :

  • Layanan peminjaman koleksi hanya untuk internal BSN
  • Layanan baca ditempat bagi pengguna umum
  • Penyediaan dokumen standar, antara lain: SNI, ISO, IEC dan ASTM serta pemesanan standar asing lainnya
  • Layanan fotokopi koleksi referensi

Perpustakaan BSN memiliki koleksi standar maupun referensi yang beragam berkaitan dengan standardisasi, yaitu:

STANDAR DOKUMEN YANG TERSEDIA ANTARA LAIN

ISO, IEC, CAC, ASTM, BS, DIN, NFPA
JIS, Korean Standard, AS, AOAC
UL, ASME, AASHTO, NICE

REFERENSI

Perpustakaan BSN memiliki koleksi referensi dan umum berjumlah kurang lebih 3000 judul yang terdiri dari buku-buku yang berkait

LAYANAN PEMESANAN DOKUMEN SNI

Layanan pemesanan SNI dapat dilakukan melalui :

E-mail : dokinfo@bsn.go.id
Telp. +62-21 391 7300

 

LAYANAN INFORMASI STANDARDISASI

Layanan informasi standardisasi meliputi jasa penelusuran informasi, mencakup :

  • SNI dan dokumen terkait
  • Standar Internasional
  • Standar Mancanegara dan Asosiasi
  • Masalah standar dan Penilaian Kesesuaian
  • Lain-lain terkait dengan aktifitas standardisasi dalam negeri maupun luar negeri

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Permintaan reproduksi SNI (untuk satu judul SNI) oleh pengguna yang datang ke Perpustakaan adalah 35 menit dari sejak pengguna menyerahkan formulir permintaan yang sudah diisi sampai staf Perpustakaan BSN menyerahkan dokumen SNI hasil reproduksi.

Setiap tambahan judul SNI yang diminta oleh pengguna yang sama (pada saat yang sama) waktunya ditambah 15 menit untuk setiap judul SNI.

Jawaban permintaan informasi melalui surat (baik surat biasa maupun elektronik) paling lambat 5 hari kerja.

Jangka waktu peminjaman buku referens ataupun dokumen SNI oleh pengguna internal BSN adalah 10 hari kerja.

JAMINAN PELAYANAN

Pusat informasi dan Dokumentasi Standardisasi memberikan jaminan kepastian layanan yang diberikan sesuai dengan waktu dan kualitas yang sudah dijanjikan. Waktu yang dijanjikan adalah 35 menit untuk pelayanan reproduksi satu judul SNI dan ditambah dengan 15 menit setiap judul tambahan SNI yang dipesan pada waktu yang bersamaan.

Apabila kami tidak dapat memberikan layanan sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan, maka kami akan memberikan merchandise sebagai kompensasi

INSTANET (SIMPUL LAYANAN INFORMASI)

INSTANET Indonesia Standards Information Network dan Outreach Services SNI (simpul layanan informasi) merupakan forum kerjasama informasi standardisasi antara pusat-pusat informasi standardisasi di Indonesia.

INSTANET dan Outreach Services SNI (simpul layanan informasi) bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan standar, peraturan teknis dan semua hal yang berkaitan dengan standardisasi bagi masyarakat yang membutuhkan.

 

Moto Perpustakaan Standardisasi:

“Melayani permintaan standar dengan layanan berstandar”

PERPUSTAKAAN DIGITAL BSN

Selain sebagai media untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan standardisasi di Indonesia, diharapkan perpustakan digital ini pun dapat membantu masyarakat di mana pun yang mencari berbagai informasi yang berkaitan Publikasi terkait standardisasi dapat dilakukan secara mudah dan cepat, namun bila Anda memerlukan bantuan atau bermaksud menanyakan berbagai hal yang berkaitan, silahkan menghubungi:

Layanan Informasi Terpadu BSN
Alamat : Gedung BPPT I Lt. Dasar
Jl. MH. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340
Telp. +62-21 391 7300
E-mail : dokinfo@bsn.go.id
www.bsn.go.id

Jam Buka Layanan Informasi Terpadu
Senin s.d.Kamis : 08.30 - 15.00 WIB
Jum’at : 09.00 -15.00 WIB

Peta Lokasi
View Larger Map

­