Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Presentasikan Layanan dalam Uji Publik, BSN Masuk Tahap Final dalam Penilaian Keterbukaan Informasi Publik

  • Kamis, 30 November 2023
  • Humas BSN

Sebagai bentuk evaluasi dan kepatuhan atas implementasi amanah Undang-Undang no. 14 tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap tahun Komisi Informasi Pusat (KIP) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pengelolaan layanan informasi publik di setiap badan publik.

Berdasarkan hasil verifikasi kuesioner yang telah disampaikan ke Badan Publik dan monitoring KIP Tahun 2023, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah dianggap memenuhi syarat pemenuhan ambang batas nilai (passing grade) dengan total nilai 73,64 sehingga BSN lolos masuk ke tahap final untuk kategori Badan Publik : Lembaga Negara & Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Oleh karena itu BSN masuk ke tahap berikutnya dalam Uji Publik untuk menyampaikan paparan terkait Inovasi dan Strategi dalam melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik. Di tahapan presentasi inilah yang kemudian akan menentukan nilai, kategori dan peringkat kepatuhan Badan Publik dalam melaksanakan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2023.

Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo selaku Plh. Kepala BSN saat melakukan presentasinya di hadapan panelis mengenai Inovasi dan Strategi dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkup BSN di Jakarta pada Rabu (29/11/2023) memaparkan beberapa inovasi yang telah dilakukan. Pada dasarnya layanan publik yang ada di BSN terdiri dari 6 layanan, yaitu Layanan informasi SPK; Layanan akreditasi; Layanan ketelusuran pengukuran-SNSU; Layanan Lisesi Tanda SNI; Layananan Pelatihan SDM SPK; dan Layanan Issuer Identification Number-IIN.

Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo selaku Plh. Kepala BSN didampingi Kepala Biro HKLI BSN, Zul Amri

Bertindak sebagai panelis: Komisioner KIP, Handoko Agung Saputro serta Komisioner KIP tahun 2012-2013, Henny Widyaningsih.

Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo selaku Plh. Kepala BSN saat melakukan presentasi.

Selain BSN, hadir juga dalam sesi Presentasi Uji Publik bersama BSN, adalah LKPP; LPS; dan Ombudsman RI.

­