Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Menerima Kunjungan GXAMR dari China

  • Kamis, 07 September 2023
  • Humas BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima kunjungan dari Guangxi Administration for Market Regulation (GXAMR) yang merupakan Delegasi China di Kantor BSN, Thamrin, Jakarta pada Rabu (6/9/2023).

Kunjungan ini merupakan salah satu bagian dari implementasi ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) dan momen penting keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023, dimana BSN berperan sebagai Chair ACCSQ pada tahun ini.

Pertemuan ini mendiskusikan sistem standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) yang berlaku di negara masing-masing. Selain itu, dibahas juga perkembangan standar nasional dan status standardisasi internasional saat ini baik di Indonesia maupun China.

GXAMR menjabarkan struktur organisasi dan tanggungjawab GXAMR antara lain dalam pengembangan standar provinsi, pengawasan pasar, pelaksanaan riset untuk keperluan penyusunan standar dan inovasi lainnya dalam rangka meningkatkan daya saing nasional.

BSN menyambut baik peluang-peluang kerja sama dengan GXAMR di bidang SPK, dan untuk penentuan sektornya perlu berkoordinasi lebih lanjut dengan stakeholders serta mempertimbangkan ACFTA Stacap agreed Priority Sector.

­