Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

MBKM Jilid 3 BSN: Fokus Penerapan SNI pada Bina UMK

  • Selasa, 05 September 2023
  • Humas BSN

Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang saat ini memasuki jilid ke-3, secara resmi diluncurkan pada Selasa (5/9/2023) di Kantor BSN, Jakarta.

“Tercatat sebanyak 12 perguruan tinggi dengan total 63 mahasiswa berpartisipasi dalam program Praktek Kerja SNI Bina UMK BSN,” ungkap Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah dalam sambutannya saat meresmikan kegiatan.

BSN sendiri telah melaksanakan pembinaan UMKM semenjak tahun 2015, sehingga melalui integrasi dengan program Magang MBKM diharapkan dapat bersama-sama membina UMKM untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Program MBKM di BSN bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk UMKM dengan SNI hingga mengenalkan SPK kepada mahasiswa dengan praktik langsung.

Program MBKM di BSN sangat baik bagi para mahasiswa untuk memahami SPK dan menerapkannya ketika terjun di dunia kerja di kemudian hari.

Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) saat ini telah menjadi kurikulum di banyak universitas di Indonesia.

Kegiatan ini juga menjadi bekal berupa portofolio kompetensi di bidang SPK yang bermanfaat untuk membina para pelaku usaha untuk menerapkan SNI.

MBKM Jilid 3 BSN bertemakan Fokus Penerapan SNI pada Bina UMK.

Besar harapan program Magang BSN turut bermanfaat bagi mahasiswa untuk meningkatkan soft skill termasuk kemampuan komunikasi.

­