Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan Kominfo Sepakat Kembangkan Kompetensi SDM Bidang TIK

  • Kamis, 10 November 2022
  • Humas BSN

Guna mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di bidang teknologi informasi dan komunikasi serta mendukung transformasi digital Indonesia menuju industri 4.0, Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menandatangani perjanjian kerja sama terkait pengembangan kompetensi SDM SPK di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Jakarta pada Rabu (9/11/2022).

Penandatanganan dilakukan oleh Plt. Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hary Budiarto.

Perjanjian ini juga untuk mewujudkan visi-misi Pemerintah menuju World Class Government memerlukan lingkungan yang lincah. Oleh karenanya, diperlukan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan karakter BerAKHLAK.

Program unggulan TIK Kominfo adalah Digital Leadership Academy; Professional Academy; Fresh Graduate Academy; Government Transformation Academy; Vocational School Graduate; Talent Scouting Academy; Digital Entrepreneurship Academy; dan Thematic Academy.

Untuk menuju World Class Bureaucracy memerlukan pemahaman penerapan bidang TIK, serta ketika ditetapkan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam rangka persiapan pelatihan tahun 2023 telah dilaksanakan pembahasan pengembangan materi dan instruktur antara Pusdiklat Kominfo dan Pusbang SDM SPK khususnya terkait SNI yang mendukung penerapan SPBE di seluruh Indonesia.

Ruang lingkup kerja sama dari pelaksanaan pelatihan standardisasi dan penilaian kesesuaian di bidang teknologi informasi dan komunikasi hingga pengembangan materi pelatihan standardisasi dan penilaian kesesuaian di bidang TIK.

Dengan adanya penandatanganan kerja sama ini diharapkan dapat mendukung visi dan misi BSN yaitu membangun daya saing bangsa melalui peningkatan kualitas SDM, ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk peningkatan infrastruktur mutu hingga tingkat global.