Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Ajak Belanja Produk ber-SNI di Hari Belanja Diskon Indonesia

  • Selasa, 16 Agustus 2022
  • Humas BSN

Dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui kegiatan belanja produktif masyarakat, Pemerintah meluncurkan program Hari Belanja Diskon Indonesia pada acara Indonesia Retail Summit 2022 yang diselenggarakan oleh Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) pada Senin (15/8/2022) di Gedung Sarinah, Jakarta.

Program Hari Belanja Diskon Indonesia secara resmi diluncurkan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan bersama dengan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad, serta jajaran Pengurus HIPPINDO.

Hari Belanja Diskon Indonesia yang digelar sejak 15 hingga 28 Agustus 2022 ini diharapkan mampu meningkatkan omset para peritel, sekaligus dapat mendorong para pelaku kreatif Indonesia untuk meningkatkan kualitas produknya, yang besar harapannya dapat turut meningkatkan eskpor. "Hari Belanja Diskon Indonesia juga mendukung program Bangga Buatan Indonesia, karena program ini bukan hanya slogan namun sebuah perilaku atau aksi nyata untuk memajukan dan mencintai produk-produk buatan Indonesia," ungkap Menteri Zulkifli Hasan.

Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) merupakan kunci utama untuk meningkatkan keamanan dan daya saing produk yang beredar di Indonesia maupun ke luar negeri.

BSN saat ini mewakili Indonesia di 13 forum standardisasi internasional terkait dengan perumusan standar, penerapan standar, akreditasi, sertifikasi, metrologi, hingga saling keberterimaan hasil sertifikasi antar negara.

Dari 11.647 SNI yang ada saat ini, terdapat 303 SNI yang diwajibkan oleh Kementerian/Lembaga terkait

Dari 303 SNI Wajib tersebut, terdapat 158 SNI yang didaftarkan ke World Trade Organization (WTO) untuk mendapatkan tanggapan dari para Anggota WTO

dukungan standardisasi terkait dengan perdagangan bilateral Indonesia, diantaranya adalah keberterimaan sertifikasi produk Halal Indonesia di Uni Emirat Arab bekerja sama dengan ESMA (Emirates Standards and Metrology Authority