Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Hasil Inspeksi Produk Sistem Kebakaran Diakui Internasional

  • Selasa, 09 Maret 2021

Jarang yang mengetahui bahwa di sebuah lokasi yang jauh dari keramaian, sekitar 10 km dari kota Magelang menuju arah Salatiga, Jawa Tengah, berdiri sebuah industri dengan 120 karyawan yang menghasilkan sistem pendeteksi dan pemadaman kebakaran dan sistem lubrikasi otomatis. Perusahaan tersebut bernama PT. ETI Fire Systems. Keamanan, kualitas dan kinerja produk menjadi prioritas utama sebelum dipasarkan dan digunakan oleh pembeli.

Dalam melaksanakan pengendalian mutu (quality control), PT. ETI Fire Systems melakukan inspeksi satu persatu (individual inspection) ke seluruh produk sebelum direlease dari pabrik. Sebagai perangkat pengendalian mutu, perusahaan tersebut mengoperasikan sebuah lembaga inspeksi Tipe B, yaitu lembaga inspeksi yang melakukan inspeksi atas produk yang dibuatnya sendiri (first party inspection). Untuk memastikan kompetensi, konsistensi dan imparsialitas dalam melaksanakan inspeksi, perusahaan tersebut menerapkan SNI ISO/IEC 17020 dan dibuktikan pemenuhannya melalui akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Produk sistem kebakaran ETI tidak hanya dipasarkan dan digunakan di dalam negeri untuk kebutuhan eksplorasi pertambangan, sebagian juga telah menembus pasar ekspor seperti ke Australia dan Afrika.

Dengan memanfaatkan Mutual Recognition Arrangement (MRA) yang telah dilakukan oleh KAN, maka produk sistem kebakaran ETI bisa diakui di pasar internasional.

­