Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Meluncurkan SNI Corner di BIG

  • Rabu, 11 Desember 2019

Standar Nasional Indonesia (SNI) yang salah satunya berfungsi untuk melindungi keselamatan, keamanan, dan kesehatan masyarakat serta kelestarian lingkungan hidup, sangat berkaitan dengan geospasial yaitu ruang kebumian yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi objek yang berada di bawah atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

Dalam rangka meningkatkan promosi SNI berkaitan dengan geospasial, Badan Standardisasi Nasional (BSN) meluncurkan SNI Corner di Kantor Badan Informasi Geospasial (BIG) yang terletak di daerah Cibinong, Bogor, Jawa Barat pada Selasa, (10/12/2019).

SNI Corner merupakan outlet informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian, yang menyediakan; dokumen SNI dengan topik terpilih, direktori laboratorium dan lembaga sertikasi, buku referensi, serta berbagai multimedia pendidikan standardisasi, dll.

Salah satu SNI terkait dengan geospasial yang telah dikembangkan oleh Komite Teknis 07-01 Informasi Geografi/Geomatika adalah SNI ISO 19153:2016 Informasi geografis — Model acuan digital rights management untuk informasi geospasial (GeoDRM).

Kepala Biro HKLI BSN, Zul Amri dalam sambutannya menyatakan sangat mengapresiasi BIG yang secara khusus telah menyiapkan salah satu bagian di ruang perpustakaan untuk SNI Corner.

Kepala Bidang Standardisasi Penyelenggaraan Informasi Geospasial BIG, Amin Widada memaparkan bahwa standar terkait Geospasial yang sudah dalam bentuk SNI akan membuat masyarakat lebih percaya bahwa kebutuhan standar geospasial sudah terpenuhi.

Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama BIG, Wiwin Ambarwulan turut menyampaikan kebanggannya terdapat SNI Corner di BIG.

Peluncuran SNI Corner di BIG

­