Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KAN Selenggarakan Pelatihan Asesor SNI ISO/IEC 17025:2017

  • Selasa, 17 April 2018
  • 5810 kali


Dalam rangka pengembangan sumber daya asesor yang kompeten, Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan pelatihan asesor Laboratorium Penguji SNI ISO/IEC 17025:2017 di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta pada Senin (16/04/2018). Acara yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal KAN, Kukuh S Ahmad dihadiri oleh 21 calon peserta asesor KAN terdiri dari berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.


Dalam pembukaannya, Kukuh menyampaikan asesor merupakan tonggak awal kegiatan akreditasi. “Asesor berperan sebagai mata tangan dari sekretariat KAN dalam menilai layak tidaknya laboratorium diberikan akreditasi,” ujar Kukuh.

Saat ini perkembangan laboratorium penguji sudah mencapai sekitar 1200. Dengan demikian, lanjut Kukuh, kebutuhan asesor masih kurang cukup dan perlu regenerasi agar kegiatan asesmen berjalan lancar.

Selain itu, Kukuh juga memaparkan mengenai sistem akreditasi nasional. Diantaranya Kukuh menjelaskan mengenai proses standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam UU No. 20 tahun 2014, sistem akreditasi dan sertifikasi – KAN, serta skema akreditasi.

Seperti pelatihan yang telah diselenggarakan oleh KAN pada umumnya, pelatihan ini terdiri dari beberapa sesi seperti pre – test, penyampaian materi, mock asesmen, diskusi dan presentasi serta final test- test. Adapun materi yang disampaikan antara lain syarat dan aturan akreditasi; persyaratan umum, struktural, dan manajemen SNI ISO/IEC 17025:2017; teknik dan pengorganisasian asesmen; persyartan sumberdaya SNI ISO/IEC 17025:2017; validasi metode; penjelasan audit kecukupan; serta pengendalian mutu dan uji profisiensi/uji banding. (nda-humas)