Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pentingnya Publikasi BSN dan SNI di Era Digital

  • Kamis, 14 Desember 2017
  • 3477 kali

“Benang merah dari pemanfaatan media untuk tujuan-tujuan kehumasan adalah kreatifitas. Salah satu bentuk kreatifitas itu adalah konvergensi media,” ujar dosen Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta, Azwar dalam paparannya mengenai pentingnya publikasi BSN dan SNI di era digital, dalam forum komunikasi wartawan standardisasi bertema “Pentingnya SNI Produk Kelistrikan Rumah Tangga” di Hotel Akmani, Jakarta, pada selasa (12/12/17).

 

Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.

 

Saat ini, Azwar melanjutkan, aktivitas PR suatu lembaga / perusahaan menjadi lebih hidup dan membumi bila melibatkan warga dalam aktivitasnya. “Di era konvergensi media ini, lembaga / perusahaan juga harus mengikuti perubahan dalam praktek-praktek kehumasannya”, tuturnya.

 

Menurut Azwar, saat ini sudah tidak ada lagi sekat antara lembaga/perusahaan, media, serta akademisi. Hubungan antara lembaga/perusahaan dengan media serta akademisi perlu diperkuat untuk menciptakan arus informasi yang lebih baik, lebih sehat, sehingga masyarakat dapat menerima informasi yang benar, bukan hoax, untuk membangun nilai-nilai demokrasi di Indonesia.

 

Kasubbag Pers dan Media Massa BSN, Denny Wahyudhi sependapat dengan paparan yang disampaikan oleh Azwar. Denny pun berharap bahwa kedepannya BSN dapat memadukan media konvensional dengan strategi menggunakan media sosial, sehingga baik media konvensional maupun media sosial dapat saling mengisi dalam menyosialisasikan kelembagaan BSN serta pentingnya penerapan SNI kepada masyarakat. (ald-Humas)