Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Barang tidak Sesuai Standar Rugikan Masyarakat

  • Senin, 06 April 2009
  • 1467 kali
Kliping berita :

MASYARAKAT atau konsumen diperkirakan menderita ratusan juta hingga miliaran rupiah akibat memperoleh barang yang tidak sesuai standar di pasaran.

Salah satu contoh adalah dari produk gas yang dijual di pasaran. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan menggunakan alat Metrologi oleh UPTD Metrologi Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Sumatra Barat di lapangan, tabung gas ukuran 12 kilogram (kg) dengan harga Rp72 ribu saat diuji ukurannya kurang 4 kg. Berarti konsumen dirugikan Rp. 24 ribu untuk satu tabung gas.

''Jika tabung gas yang beredar di satu toko tersebut mencapai 100 tabung per hari, bayangkan berapa kerugian masyarakat dalam satu bulan maupun satu tahun dari satu toko saja. Belum lagi dari toko-toko lainnya,'' Kepala Sub Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Departemen Perdagangan Veri Anggrijono di Padang, Sumatra Barat, kemarin.
Ia mengatakan, temuan tersebut tidak hanya terjadi di Sumbar. Di setiap daerah yang diinspeksi, sebagian besar produk yang ditemukan tidak memenuhi standar dan merugikan konsumen.

Oleh karena itu, kata Veri, masyarakat sebagai konsumen juga diminta aktif meneliti barang sebelum membelinya. (AA/N-1)

Sumber :
Mediaindonesia.com
Kamis, 02 April 2009 00:00 WIB



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat