Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pentingnya Akreditasi LSP Untuk Membangun Bangsa

  • Minggu, 21 Mei 2017
  • Humas BSN
  • 2953 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya menjadi salah seorang narasumber dalam Peresmian TAU-Quantum "Assessment And Human Capital Development Center", di Universitas Tanri Abeng, Sabtu (20/05/17). Acara ini dihadiri oleh seluruh  jajaran rektorat, ketua program studi, dosen dan mahasiswa Tanri Abeng University dan tamu undangan asesor SDM se-DKI serta praktisi HRD dan Psikolog Profesional.

 

Dalam pembukaannya, Pendiri Quantum HRM Internasional, Pribadijono menyampaikan portfolio serta perangkat assessment SDM yang dimiliki PT Quantum HRM Internasional. "Assessment And Human Capital Center" yang didirikan oleh Tanri Abeng University (TAU) bekerja sama dengan PT Quantum HRM Internasional ini merupakan salah satu upaya dalam partisipasi meningkatkan SDM yang handal, terpercaya, responsif dan berkualitas yang berorientasi pada perubahan dan menjadi pemimpin perubahan berbasis pada standar internasional.

 

Pendiri dan Rektor Tanri Abeng University, Tanri Abeng memaparkan bahwa Organisasi apapun termasuk negara, bangsa, hanya akan sebaik pemimpinnya. Tanpa seorang pemimpin, tidak mungkin organisasi dapat berkembang. “Saat ini, banyak pekerja yang secara teknik lapangan baik, tapi saat masuk ke manajerial dan leadership, sangat lemah. Untuk itu, yang harus kita bangun adalah leadership, kepemimpinan. Dan Assessment sangat penting untuk mendukung hal tersebut,” ujarnya

 

Dalam kesempatan ini, Bambang memaparkan UU No 20 tahun 2014 tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian, dan kaitannya dengan LSP. “Seperti yang bapak Tanri Abeng sampaikan tadi, Seorang leadership yang penting adalah bagaimana dia efektif. Efektif dan efisien adalah tujuan utama standardisasi,” ujar Bambang.

 

SNI ISO/IEC 17024:2012 berisi persyaratan umum untuk lembaga sertifikasi person. “Kalau kita cermati, komponennya begitu luar biasa sehingga bisnis proses yang dilakukan dalam SNI ISO/IEC 17024:2012 tidak diragukan lagi mutunya. Bahkan, assessment yang dilakukan dalam SNI ISO/IEC 17024:2012 juga menjaga maintenancenya bagaimana, sehingga sustainable mutunya terjamin,” jelas Bambang

 

Bambang pun menyampaikan kepada para peserta bahwa saat ini Lembaga Akreditasi untuk lembaga sertifikasi person yang diakui secara internasional baru ada 3, dan salah satunya adalah dari Indonesia, yaitu Komite Akreditasi Nasional (KAN).

 

“Kalau manusia sudah disiapkan dengan baik, produk barang dan jasa juga bagus, maka InsyaAllah Indonesia akan menjadi lebih baik,” ujar Bambang di akhir presentasinya. (ald-Humas)