Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kominfo Apresiasi Keamanan Informasi BSN

  • Jumat, 28 April 2017
  • P N
  • 3078 kali

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 4 Tahun 2016, mengatur tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi bagi penyelenggara sistem elektronik yang terdiri dari institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen dan badan hukum lain yang bergerak dalam ranah pelayanan publik berdasarkan asas risiko. Di dalam permen ini disebutkan bahwa penyelenggara sistem elektronik tinggi mampu menerapkan SNI ISO/IEC 27001:2013 (Sistem Manajemen Keamanan Informasi).

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima hasil Indeks Keamanan Informasi (KAMI) tahun 2016, yang diserahkan oleh Direktur Keamanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Aidil Chendramata di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, pada 26 April 2017.

Indeks KAMI merupakan tools yang dirumuskan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menganalisa tingkat kesiapan pengamanan informasi di institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen dan badan hukum lain yang bergerak dalam ranah pelayanan publik.

Berdasarkan hasil evaluasi Indeks KAMI 2016 yang dilakukan Kominfo tersebut, BSN masuk dalam kategori sistem elektronik beresiko tinggi, dimana kegagalan penanganannya, berdampak langsung terhadap proses kerja atau layanan publik yang disediakan. Hasil evaluasi dan penilaian tersebut merupakan kajian self assesment Indeks KAMI yang diverifikasi Tim Pengkaji Kemenkominfo serta digunakan sebagai pemetaan kondisi tata kelola keamanan informasi.

"Indeks KAMI ini tidak ditujukan untuk menganalisis kelayakan atau efektifitas bentuk pengamanan yang ada, melainkan sebagai perangkat untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan, kelengkapan, dan kematangan kerangka kerja keamanan informasi kepada pimpinan instansi," ujar Aidil Chendramata saat membuka acara.

Kasubdit Budaya Kemanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Intan Rahayu dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2016 lalu, Direktorat Keamanan Informasi telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan berupa Desktop Assessment dan Onsite Assessment dalam rangka Pemeringkatan Indeks KAMI terhadap 24 institusi yang terdiri dari 13 Instansi Pemerintah, 1 Pemerintah Daerah dan 10 BUMN/Instansi Sektor Strategis.

BSN sendiri mengikuti Desktop Assessment Indeks KAMI yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tanggal 6 September 2016 di Bandung, Jawa Barat. (arf/nila/rma)