Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Bulan Mutu Nasional 2011

  • Selasa, 18 Oktober 2011
  • 3745 kali
Sejarah
Pada tanggal 5-7 Nopember 1991, di Jakarta, Presiden Republik Indonesia ke 2, menetapkan Bulan November sebagai Bulan Produktivitas dan Mutu Nasional. Ketetapan itu sebagai Hasil Konvensi Nasional Standardisasi dan Penerapan Pengendalian Mutu yang diselenggarakan oleh Dewan Standardisasi Nasional (DSN, sekarang BSN) dan Kementerian Tenaga Kerja.

Sejak berdiri tahun 1997, Badan Standardisasi Nasional (BSN) setiap tahun memperingati Bulan Mutu Nasional yang dikaitkan dengan Hari Standar Dunia yang jatuh pada tanggal 14 Oktober.

Pada peringatan Bulan Mutu Nasional dan Hari Standar Dunia tahun 2010, Wakil Presiden Republik Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Penerapan SNI (GENAP SNI) sebagai suatu gerakan untuk meningkatkan mutu produk dan perlindungan kepada konsumen serta industri dalam negeri menghadapi era pasar global.

Sejalan dengan tema World Standards Day 2011 yang ditetapkan oleh Organisasi Standardisasi Internasional ISO, IEC dan ITU yaitu International Standards : Creating Confidence Globally, maka pada tahun 2011, tema Bulan Mutu Nasional adalah "SNI Membangun Percaya Diri Bangsa"

Salah satu tujuan utama standar adalah meningkatkan kepercayaan dan keyakinan bagi penggunanya dalam aspek keselamatan, keamanan, kesehatan dan fungsi lingkungan hidup yang mencakup sistem, produk dan jasa. Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk dan layanan juga mendukung jamin kualitas, ekologi, keamanan, keandalan, interoperabilitas, efisiensi dan efektivitas.

Sehingga diharapkan melalui penerapan SNI, Industri dapat memiliki kepercayaan diri untuk menjangkau pasar global dengan produk yang sesuai dengan persyaratan pasar bebas. Sedangkan interoperabilitas menciptakan skala ekonomi dan memastikan pengguna dapat memperoleh layanan yang sama di mana pun berada. Hal itu menunjukkan bahwa SNI memiliki manfaat yang sama bagi konsumen, produsen dan penyedia layanan, demi mempercepat penyebaran produk dan layanan baru dan mendorong pembangunan ekonomi.

Himbauan
Dalam rangka Bulan Mutu Nasional pada bulan November 2011, BSN menghimbau kepada seluruh mitra, baik instansi pemerintah pusat dan daerah maupun swasta termasuk Universitas, untuk berpartisipasi aktif dalam memperingati Bulan Mutu Nasional 2011 dengan :
  1. Mengkaitkan seluruh kegiatan yang dilakukan institusi dalam rangka peningkatan MUTU secara nasional, yaitu mencantumkan Logo GENAP SNI dan logo MUTU NASIONAL;
  2. Memasang Web Banner dengan tema "DENGAN SEMANGAT MEMBANGUN PERCAYA DIRI BANGSA, KITA TINGKATKAN PENERAPAN SNI DAN PENINGKATAN MUTU PRODUK NASIONAL" di website instansi/lembaga, atau membuatnya dalam bentuk spanduk atau umbul-umbul untuk ditempatkan di lingkungan instansi/lembaga kerja masing-masing.
Unduh berkas elektronik: Logo Bulan Mutu Nasional, Logo GENAP SNI, Desain spanduk, Web banner. (klik kanan pada jenis berkas - jpeg/pdf/cdr dan pilih save link as)


halaman selanjutnya>



­