Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Tingkatkan Layanan Publik Prima untuk Kepuasan dan Kebahagiaan Pelanggan

  • Selasa, 05 November 2024
  • Humas BSN
  • 919 kali

Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima pada layanan publik jasa kemetrologian, Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan kegiatan Penyegaran Pelayanan Prima dalam Pelayanan Publik Deputi Bidang SNSU secara hybrid pada Senin (4/11/2024) di Gedung 2 BSN, Serpong, Tangerang Selatan.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) No 29 Tahun 2022 tentang Pemantauan dan Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP).

Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman personil layanan publik SNSU BSN tentang pelayanan publik yang prima. “Sehingga pelanggan itu bisa lebih puas terhadap layanan yang kami berikan. Harapan kami, dari perspektif pelanggan, pelayanan kami dapat memenuhi harapan dan sesuai dengan kebutuhan dari pelanggan, dan ini nantinya secara objektif akan tercermin dari peningkatan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) SNSU BSN” ujar Kristianto.

Analis Kebijakan dari Deputi Bidang Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan, Kementerian PANRB, Harry Alfredo Purba hadir sebagai narasumber. Alfredo menyampaikan bahwa pada dasarnya pelayanan publik yang prima ialah layanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan atau masyarakat.

“Namun saat ini pelayanan publik yang berkategori pelayan publik prima, ada nilai tambahan adalah kebahagiaan. Jadi dalam pelayanan publik prima, selain pelanggan mendapatkan kepuasan perlu juga mendapatkan kebahagiaan,” ungkap Alfredo.

Ia menambahkan, harapan masyarakat dalam pelayanan publik ialah layanan yang lebih baik (better), lebih cepat (faster), lebih baru (newer), lebih murah (cheaper), dan lebih sederhana (more simple). Kelima hal tersebut jika tercapai, akan menghasilkan kepuasan dan kebahagiaan publik.

Untuk meningkatkan pelayanan publik, strategi yang dapat dilakukan antara lain Penerapan Kebijakan Pelayanan; Peningkatan Profesionalisme SDM; Peningkatan Kualitas Sarana prasarana; Pemanfaatan Sarana Pengaduan; Pemanfaatan Teknologi Informasi; dan Penyelenggaraan Inovasi.

Menurut Alfredo, peningkatan pelayanan publik Deputi Bidang SNSU dapat dilakukan melalui inovasi pada Sentra Pelayanan Metrologi Terpadu (SPARTA). SPARTA yaitu sistem pelayanan elektronik untuk melayani pengguna jasa kemetrologian yang diselenggarakan oleh Laboratorium SNSU BSN, yang meliputi layanan pengukuran, kalibrasi, dan uji profisiensi.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan diskusi serta tanya jawab yang dipandu oleh Kepala Subaggian Tata Usaha Deputi Bidang SNSU, Lucky Feminine. Para personil SNSU BSN pun antusias mengikuti diskusi.(ria-humas)

 

Galeri foto: SNSU BSN Tingkatkan Layanan Publik Prima untuk Kepuasan dan Kebahagiaan Pelanggan