Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Gelar Temu Pelanggan Pelatihan Standardisasi: Layanan Pelatihan SPK Dukung Tujuan Keberlanjutan

  • Selasa, 05 November 2024
  • Humas BSN
  • 842 kali

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan publik melalui pelatihan standardisasi, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (Pusbang SDM SPK BSN) menyelenggarakan acara Temu Pelanggan Pelatihan Standardisasi pada Kamis (31/10/2024) di Hotel Santika, Batam. Pusbang SDM SPK merupakan unit kerja di BSN yang menyelenggarakan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dibidang SPK melalui layanan pelatihan dengan harapan meningkatkan kompetensi SDM di bidang SPK.

Kegiatan Temu Pelanggan Pelatihan Standardisasi merupakan acara tahunan yang digelar oleh Pusbang SDM SPK untuk menjaring aspirasi melalui forum konsultasi publik berupa dialog, diskusi serta pertukaran opini dengan para pemangku kepentingan, khususnya para pelanggan layanan pelatihan standardisasi. Sebagai apresiasi bagi pelanggan serta instruktur, dalam acara ini juga diberikan penghargaan bagi PT Anindya Wiraputra Konsult sebagai pelanggan terloyal serta Ibu Ellis Susanti selaku instruktur pelatihan terbaik.

“Acara Temu Pelanggan Pelatihan Standardisasi ini menjadi ruang yang sangat penting bagi BSN dalam mendapatkan umpan balik langsung dari masyarakat mengenai standar layanan publik yang kami selenggarakan,” ujar Kepala Pusat Pembinaan SDM Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Arini Widyastuti.

Selain itu, kegiatan Temu Pelanggan Pelatihan Standardisasi ini juga bertujuan mendorong awareness publik mengenai kebijakan yang ditetapkan dan mengajak partisipasi masyarakat pengguna layanan untuk mengawasi pelaksanaan kebijakan tersebut, serta melakukan monitoring dan evaluasi untuk mengetahui efektivitas dari penerapan kebijakan tersebut sehingga dapat mendukung kualitas layanan pelatihan BSN.

Berdasarkan peraturan Menteri PAN-RB Nomor 15 Tahun 2014, mengenai pedoman standar pelayanan,  ditujukan agar dalam penyelenggaraan layanan publik dapat mengedepankan prinsip kemudahan, kecepatan, dan keterbukaan.

Sebagai informasi, BSN telah menetapkan standar layanan publik berdasarkan Keputusan Kepala Badan Standardisasi Nasional Nomor 36B/KEP/BSN/3/2023 Tahun 2023 Tentang Standar Pelayanan di Lingkungan Badan Standardisasi Nasional sebagai tolak ukur pedoman penyelenggaraan publik dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur.

Pada acara ini, Analis SDM aparatur Ahli Madya BSN, Kristiati Andriani memperkenalkan berbagai pengembangan terkait pelatihan yang dilakukan oleh Pusbang SDM SPK untuk dapat menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia sehingga kehadiran layanan BSN dapat lebih memudahkan dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung, seperti penggunaan website Diklat dalam kegiatan layanan pelatihan dan Program e-Learning serta sistem informasi manejemen lisensi. Program-program yang dikembangkan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia dalam meningkatan kompetensi di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Dalam rangkaian kegiatan Temu Pelanggan Pelatihan Standardisasi ini juga dilaksanakan sosialisasi mengenai “Implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan Pada Layanan Pelatihan”, yang diisi oleh Auditor Ahli Madya BSN, Yudrika Putra. Kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk informasi kepada publik bahwasannya BSN berkomitmen dalam penerapan anti penyuapan sesuai dengan persyaratan dalam standar SNI ISO 37001:2016 yang telah dilakukan dalam pelaksanaan layanan pelatihan.

Selain sosialisasi implementasi sistem manajemen anti penyuapan, dalam rangkaian kegiatan ini dilakukan juga kegiatan “Awareness SNI ISO/IEC 17029:2019 Mengenal Prinsip dan Persyaratan Umum Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV)” yang diisi oleh Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Awan Taufani. Standar ini merupakan standar persyaratan kompetensi bagi lembaga yang melakukan validasi dan verifikasi, dimana lembaga ini sedang banyak dibutuhkan di masyarakat. Dengan diadakannya pemaparan ini diharapkan masyarakat mendapatkan pemahaman yang lebih baik terkait dengan prinsip dan persyaratan umum sebagai pemastian bahwa LVV melaksanakan kegiatan verifikasi dan validasi secara kompeten serta dapat memberikan informasi dan manfaat dari BSN sebagai lembaga pemerintah dan juga memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat melalui layanan pelatihan standardisasi.

(PusbangSDMSPK)

 
Galeri Foto: BSN Gelar Temu Pelanggan Pelatihan Standardisasi: Layanan Pelatihan SPK Dukung Tujuan Keberlanjutan