Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kolaborasi ISO Dan BSN: Sukses Menyelenggaraan ISO Regional Training On Product Certification

  • Senin, 04 Desember 2023
  • Humas BSN
  • 807 kali

International Organization for Standardization (ISO) berkolaborasi dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam penyelenggaraan Pelatihan ISO Regional tentang Sertifikasi Produk, berfokus pada Standar Internasional ISO/IEC 17065 dan ISO/IEC 17067. Acara yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 28 hingga 30 November 2023 di Jakarta, mengundang partisipasi aktif dari 37 peserta yang berasal dari negara-negara anggota ISO di Asia Pasifik.

Peserta yang hadir mewakili berbagai negara, termasuk Bangladesh, Bhutan, Fiji, Filipina, India, Indonesia, Iran, Kamboja, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Nepal, Papua Nugini, Singapura, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam. Acara ini menjadi ajang penting untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman, serta memperdalam pemahaman terkait praktik sertifikasi produk berdasarkan standar internasional.

Pembukaan acara pada hari pertama disampaikan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri. Zul menyampaikan sambutan hangat kepada para peserta, mengajak mereka untuk secara aktif terlibat dalam pelatihan dan memanfaatkan kehadiran para ahli yang hadir.

Hadir sebagai fasilitator dan pelatih ahli acara ini adalah Nesreen Al-Khammash, selaku Programme Manager dari ISO, Brahim Houla, Accreditation Services Director - GCC Accreditation Center (GAC) dari Saudi Arabia, dan Kasturi Naidoo, seorang konsultan terkait standarisasi dan penilaian kesesuaian dari Afrika Selatan, dengan dukungan penuh dari ISO dan Korean Agency for Technology and Standards (KATS). Hal ini memperkuat komitmen bersama untuk meningkatkan penerapan standar di Asia Pasifik.

Pelatihan intensif selama tiga hari dirancang dengan cermat, mencakup berbagai kegiatan mulai dari penyampaian materi, diskusi kelompok, hingga studi kasus beberapa Negara. Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi peserta dan negara anggota ISO. Melalui pendekatan ini, peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis tetapi juga dapat mengaplikasikannya secara praktis dalam pekerjaan sehari-hari mereka.

Standar ISO/IEC 17065:2013 membahas dasar-dasar sertifikasi produk dan memberikan pedoman untuk mengembangkan dan mengoperasikan skema sertifikasi. Sementara ISO/IEC 17067:2013 ditujukan untuk semua pihak yang terlibat dengan sertifikasi produk, dengan fokus khusus pada pemilik skema sertifikasi. Selama pelatihan, seluruh peserta diundang untuk terlibat aktif dalam diskusi dan berbagai format interaksi lainnya. Hal ini sejalan dengan tujuan acara untuk mendorong pertukaran informasi dan pengalaman yang interaktif di antara para peserta. Dengan demikian, tantangan utama dalam infrastruktur kualitas di negara-negara anggota ISO dapat diidentifikasi secara terbuka, dan solusi yang dihasilkan dapat menjadi landasan untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.

Selama pelatihan, peserta tidak hanya diberikan pemahaman mendalam tentang ISO/IEC 17065:2013 dan ISO/IEC 17067:2013, tetapi juga kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan ISO/CASCO Secretariat. Selain itu, mereka mendengarkan penjelasan dari perwakilan Asia-Pacific (APAC) Technical Committee 2 (Certification Bodies, Validation, and Verification Bodies), yang memberikan wawasan tambahan mengenai penerapan standar di tingkat regional. (Reza - humas)

Galeri Foto: Kolaborasi ISO Dan BSN: Sukses Menyelenggaraan ISO Regional Training On Product Certification