Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Raih Nilai Baik Berdasarkan Evaluasi Pelaksanaan Satuan Tugas Pelindungan Data BSSN

  • Jumat, 24 November 2023
  • Humas BSN
  • 1965 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) raih nilai Baik berdasarkan Evaluasi Pelaksanaan Satuan Tugas Pelindungan Data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Instansi Pemerintah Pusat Tahun 2023. Dari 24 Kementerian/Lembaga, BSN sebagai Sistem Elektronik dengan Kategori Tinggi memperoleh nilai Baik. Sertifikat Hasil Evaluasi diserahkan secara langsung oleh Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah dan Pembangunan Manusia BSSN, Sulistyo kepada Pranata Komputer Ahli Madya BSN selaku Ketua Tim Pokja Infrastruktur dan Keamanan Informasi pada Pusat Data dan Sistem Informasi BSN, Akbar Aryanto di Jakarta, pada Rabu (22/11/2023).

BSSN telah melaksanakan kegiatan Tugas Perlindungan data berupa Information Technology Security Assessment (ITSA), Penilaian Tata Kelola dan Manajemen Risiko, Monitoring Media Isu, dan Operasi Sandi pada 16 - 27 Oktober 2023 di BSN. Kegiatan Tugas Perlindungan Data tersebut berdasarkan Keputusan Menkopolhukam Nomor 96 Tahun 2022 dan Surat Pemberitahuan Menkopolhukam nomor 9 B-119/KI.01/10/2022.

Berdasarkan assesment, salah satu hasil penilaian Indeks KAMI (Keamanan Informasi), BSN mendapatkan skor total akhir 594 dengan status kesiapan Baik.Indeks Keamanan Informasi (KAMI) merupakan instrumen yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan asesmen dan evaluasi tingkat kesiapan (Kelengkapan dan Kematangan) penerapan keamanan informasi berdasarkan kriteria SNI ISO/IEC 27001 Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Proses evaluasi dilakukan melalui sejumlah pertanyaan di beberapa area yang meliputi Kategori Sistem Elektronik yang digunakan; Tata Kelola Keamanan Informasi; Pengelolaan Risiko Keamanan Informasi; Kerangka Kerja Keamanan Informasi; Pengelolaan Aset Informasi; Teknologi dan Keamanan Informasi; serta Suplemen (Tambahan pengukuran dilakukan untuk aspek Pengamanan Keterlibatan Pihak Ketiga Penyedia Layanan, Pengamanan Layanan Infrastruktur Awan (Cloud Service) dan Pelindungan Data Pribadi).

Operasi Satuan Tugas Pelindungan Data BSSN merupakan inisiatif strategis yang ditujukan untuk mengamankan, melindungi, dan menjaga integritas serta kerahasiaan data sensitif dan informasi kritikal yang dikelola khususnya oleh entitas pemerintah pusat.(arf-humas)