Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN – BSIP PKH Bogor Susun Skema Sertifikasi Dukung Siskeswannas

  • Rabu, 22 November 2023
  • Humas BSN
  • 1977 kali

Dalam rangka mendukung program Pemerintah terkait Sistem Kesehatan Hewan Nasional (Siskeswannas), Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Peternakan dan Kesehatan Hewan (BSIP PKH) Bogor, Jawa Barat melaksanakan kegiatan dengar pendapat dengan para penyelenggara layanan rumah sakit hewan di Surabaya, Jawa Timur guna penyusunan skema sertifikasi SNI 9184:2023 Pelayanan kesehatan hewan – Rumah sakit hewan, klinik hewan, dan praktik dokter hewan mandiri, pada Jumat (17/11/2023) yang bertempat di Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Konny Sagala mengungkap, “Saat ini BSN telah menerbitkan SNI 9184:2023 dan menargetkan untuk dapat menyelesaikan penyusunan skema sertifikasi dimaksud”.

Sehingga, sambungnya, bermanfaat bagi Lembaga Sertifikasi untuk digunakan sebagai acuan dalam melakukan sertifikasi kepada pihak yang akan menerapkan SNI 9184:2023, seperti rumah sakit hewan, klinik hewan, termasuk praktik dokter hewan mandiri.

“Nantinya, Sertifikasi SNI 9184:2023 bagi tempat penyelenggaraan layanan kesehatan hewan masih bersifat sukarela,” pungkas Konny.

Berbicara mengenai dukungan serta kesiapan di dalam penyusunan skema sertifikasi SNI 9184:2023, Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Jawa Timur siap untuk berkolaborasi dengan seluruh Stakeholder termasuk berkenaan dengan kegiatan pendampingan penerapan SNI di Rumah Sakit Hewan di wilayah Provinsi Jawa Timur,” ujar Kepala KLT BSN Jawa Timur, Ahmad Faris Abrori.

Kegiatan yang diikuti dengan kunjungan di seluruh area Rumah Sakit ini, turut dihadiri oleh Direktur Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Fitri Istianah; serta Perwakilan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. (KLT BSN Jawa Timur/Red: PjA – Humas)

 

Galeri Foto: BSN – BSIP PKH Bogor Susun Skema Sertifikasi Dukung Siskeswannas