Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Bina UMK Maksimalkan Potensi 430 Ribu UMKM Kabupaten Malang

  • Rabu, 11 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 1625 kali

Kerja sama antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Republik Indonesia yang terjalin sejak Bulan September 2023 lalu, direspon dengan cepat melalui penyelenggaraan Sosialisasi SNI Bina UMK dan Pembinaan SNI oleh Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Jawa Timur bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Malang pada Selasa (10/10/2023) yang bertempat di Aula Gedung PLUT Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi UMKM di wilayah Malang, Jawa Timur untuk memahami lebih lanjut mengenai pentingnya standardisasi yang memberikan beragam manfaat, “Kualitas juga konsistensi produk-produk yang menerapkan standar akan terus terjaga sehingga akan terus meningkatkan kepercayaan konsumen, yang pada akhirnya berpengaruh positif terhadap omset usaha,” ungkap Kepala KLT BSN Jawa Timur, Ahmad Faris Abrori.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Malang sekaligus Ketua PLUT Kabupaten Malang, M. Hidayat menjelaskan bahwa, terdapat 430.000 UMKM di Kabupaten Malang yang memiliki potensi luar biasa, dan besar harapannya seluruh pelaku usaha dapat memanfaatkan momen sosialisasi dan fasilitas pembinaan SNI yang ada di BSN.

SNI Bina UMK, adalah program yang secara khusus dirancang oleh BSN bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) dengan risiko bisnis yang rendah. “UMK yang mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui portal Online Single Submission (OSS), dan mengisi checklist pernyataan komitmen pemenuhan SNI, berhak memperoleh tanda SNI bina UMK,” jelas Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Dentino Aji Sasmita selaku pemateri.

Acara yang dihadiri oleh 100 UMKM asal Kabupaten Malang beserta seluruh pendamping PLUT Kabupaten Malang ini, akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan verifikasi terhadap UMKM yang siap untuk menerapkan SNI Bina UMK dan pendampingan sertifikasi SNI. (KLT BSN Jawa Timur/Red: PjA – Humas)

 

Galeri Foto: SNI Bina UMK Maksimalkan Potensi 430 Ribu UMKM Kabupaten Malang