Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rapat KKPS ke-2: Refleksi KKPS Sebagai Forum Kebijakan

  • Senin, 02 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 1458 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan rapat Komite Kebijakan Pengembangan Standar (KKPS) ke-2 pada tahun 2023 di kantor BSN, Jakarta pada Selasa (26/9/2023). Rapat dibuka oleh Deputi Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo dan dihadiri beberapa perwakilan dari Kementerian/Lembaga.

Rapat KKPS merupakan sebuah forum yang berperan dalam melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan terkait pengembangan SNI. Agenda utama rapat kali ini membahas informasi mengenai Program Nasional Perumusan Standar (PNPS) 2023 dan status perkembangannya, serta informasi perkembangan perumusan SNI mendesak untuk mendukung kebijakan sektoral. PNPS merupakan usulan Rancangan SNI dari pemangku kepentingan yang akan dirumuskan secara terencana, terpadu, dan sistematis.

Pada kesempatan ini, Hendro selaku ketua KKPS menyampaikan refleksi KKPS sebagai forum kebijakan. Menurut Hendro refleksi ini dilakukan untuk berkaca melihat apa yang sudah dikerjakan bersama.

“Harapannya dengan refleksi ini, penyusunan SNI bisa menjadi tools operasionalisasi dari kebijakan, sehingga kita bisa men-deliver SNI tersebut tepat waktu sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Hendro.

Berdasarkan keterangan Direktur Pengembangan Standar Infrastruktur, Penilaian Kesesuaian, Personal, dan Ekonomi Kreatif BSN, Iryana Margahayu, hingga bulan September 2023 BSN telah menetapkan 716 PNPS.

“Sampai dengan saat ini September 2023, jumlah PNPS ada 716, yang regular ada 655, regular di sini adalah PNPS baru yang diusulkan untuk 2023, dan ada juga PNPS perpanjangan dari tahun 2022. Selain yang reguler ada juga PNPS mendesak sebanyak 61 PNPS,” jelas Iryana.

Pada kegiatan ini juga dibahas mengenai beberapa agenda seperti informasi mengenai Komite Teknis; rencana penyusunan PNPS Tahun 2024; dashboard kaji ulang SNI; hasil sidang ISO Annual Meeting Tahun 2023; refleksi KKPS sebagai forum kebijakan; tata kelola organisasi terbaru BSN; serta rencana kegiatan World Standards Day yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2023 mendatang. (hps/humas)

Galeri Foto: Rapat KKPS ke-2: Refleksi KKPS Sebagai Forum Kebijakan




­