Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Menerima Kunjungan GXAMR dari China, Bahas Potensi Kerja Sama SPK

  • Kamis, 07 September 2023
  • Humas BSN
  • 762 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima kunjungan dari Guangxi Administration for Market Regulation (GXAMR) yang merupakan Delegasi China di Kantor BSN, Thamrin, Jakarta pada Rabu (6/9/2023).

Kunjungan ini merupakan salah satu bagian dari implementasi ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) dan momen penting keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023, dimana BSN berperan sebagai Chair ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality (ACCSQ) pada tahun ini.

Perwakilan BSN dipimpin oleh Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah. Adapun perwakilan GXAMR diwakili oleh Direktur Jenderal GXAMR, Li Ze serta Direktur Guangxi Institute of Standards and Technology, Cai Xuping.

Pertemuan ini mendiskusikan sistem standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) yang berlaku di negara masing-masing. Selain itu, dibahas juga perkembangan standar nasional dan status standardisasi internasional saat ini baik di Indonesia maupun China.

Secara detail, GXAMR menjabarkan struktur organisasi dan tanggungjawab  GXAMR antara lain dalam pengembangan standar lokal/provinsi, pengawasan pasar,  pelaksanaan riset untuk keperluan penyusunan standar dan inovasi  lainnya dalam rangka meningkatkan daya saing nasional.

Li Ze mengungkapkan bahwa pihaknya mendapat kehormatan, karena dapat berdiskusi dan berinteraksi langsung untuk mengenal lebih dalam tentang BSN. Menurutnya, ada banyak kesempatan kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak dalam berbagai bidang.

Sementara itu, Zakiyah mengatakan bahwa BSN mengapresiasi kedatangan GXAMR untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Selain itu BSN juga menyambut baik peluang-peluang kerja sama dengan GXAMR di bidang SPK, dan untuk penentuan sektornya  perlu berkoordinasi lebih lanjut dengan stakeholders  serta mempertimbangkan ACFTA Stacap agreed Priority Sector. 

Turut hadir dalam pertemuan ini dari BSN antara lain Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN Hendro Kusumo; Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan dan Halal BSN Heru Suseno; Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN Konny Sagala; serta Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi BSN Zul Amri. (ria – humas)

Galeri Foto: BSN Menerima Kunjungan GXAMR dari China, Bahas Potensi Kerja Sama SPK