Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pendaftaran Masih Terbuka, Organisasi Berpeluang Raih SNI Award

  • Jumat, 09 Juni 2023
  • 423 kali

Kesempatan mengikuti SNI Award 2023 masih terbuka lebar. Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengajak organisasi/perusahaan penerap Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk mengikuti ajang ini, sebab pendaftaran diperpanjang sampai 16 Juni 2023.

Ketua Tim Kerja Diseminasi Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN Tintin Prihatiningrum menyampaikan bahwa SNI Award merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah kepada organisasi penerap SNI. “Harapannya melalui SNI Award, organisasi peraih SNI Award akan menjadi role model penerap SNI yang sesungguhnya,” ujar Tintin saat membuka Bimbingan Teknis Pengisian Kuesioner SNI Award bersama klien-klien PT TUV Rheinland Indonesia pada Kamis (8/6/2023) secara daring.

Tintin juga menyampaikan apresiasi kepada PT TUV Rheinland Indonesia yang telah berkolaborasi bersama menyelenggarakan bimbingan teknis tersebut bagi organisasi penerap SNI, khususnya klien TUV Rheinland yang berpotensi menjadi peserta SNI Award.

Presiden Direktur PT TUV Rheinland Indonesia Nyoman Susila mengajak organisasi penerap SNI untuk mendaftarkan kepesertaan SNI Award karena akan memperoleh banyak manfaat. Organisasi dapat menyampaikan keunggulan organisasi dalam menerapkan SNI saat mengisi kuesioner kriteria penilaian dan evaluasi lapangan.

Analis Standardisasi Ahli Muda BSN Chalid Alonto dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa tahun ini terdapat 12 Kategori SNI Award 2023, yaitu sebagai berikut:

Kategori Organisasi Skala Besar:

  1. Organisasi Kecil Jasa
  2. Organisasi Menengah Jasa Lainnya
  3. Organisasi Besar Jasa Lainnya
  4. Organisasi Kecil Barang
  5. Organisasi Menengah Produk Sektor Agro dan Pariwisata
  6. Organisasi Menengah Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan
  7. Elektronika
  8. Organisasi Menengah Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi
  9. dan Sumber Daya Mineral
  10. Organisasi Besar Produk Sektor Agro dan Pariwisata
  11. Organisasi Besar Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika
  12. Organisasi Besar Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan
  13. Sumber Daya Mineral
  14. Organisasi Pendidikan Dasar dan Menengah
  15. Organisasi Pendidikan Tinggi

Koordinator Evaluator SNI Award Chaerudin Darsa menjelaskan bahwa kriteria penilaian dalam SNI Award meliputi kepemimpinan; strategi; pelanggan; manajemen sumber daya; operasi; pengukuran, analisis dan peningkatan kinerja; serta hasil-hasil.

Dalam proses penilaiannya, SNI Award menggunakan pendekatan ADLI (Approach, Deployment, Learning, Integration) dan LeTCI (Level, Trend, Comparation and Integration). Output dari penilaian ini akan dinotifikasi dalam bentuk strength dan Opportunity for Improvement (OFI) guna pemberian angka atau skor untuk penghargaan berdasarkan kategori perunggu, perak, emas, maupun platinum.

Darsa menyarankan bagi peserta untuk menyampaikan data pendukung sebanyak dan selengkap mungkin. “Jangan takut ini bukan audit, hanya menggali informasi keunggulan perusahaan. Jangan menjadi beban, SNI Award adalah cara bagaimana kami memberi apresiasi organisasi/perusahaan yang konsisten menerapkan SNI,” ujar Darsa.

Pendaftaran SNI Award 2023 dapat dilakukan melalui tautan berikut: s.id/DaftarSNIAWARD2023. Kelengkapan dokumen dapat diunduh pada tautan berikut: s.id/DokSNIAWARD2023. Batas akhir pendaftaran dan penyerahan dokumen kelengkapan SNI Award 2023 sampai dengan tanggal 16 Juni 2023.(ria-humas)