Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNIzen Meet UP : Mengenal BSN Lebih Dalam

  • Senin, 05 Juni 2023
  • 476 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan Institut Pertanian Bogor menyapa mahasiswa melalui kegiatan SNIzen Meet Up pada Selasa (5/6/2023) di Auditorium Fakultas MIPA, IPB, Bogor. SNIzen Meet Up ini merupakan salah satu kegiatan dari Biro Humas, Kerja Sama dan Layanan Informasi (HKLI) BSN dalam rangka mengenalkan BSN lebih dekat, serta kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian kepada kalangan muda mudi generasi milenial dan Gen Z, yaitu dari kalangan mahasiswa.

Kegiatan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di IPB. Direktur Kemahasiswaan, Dr. Ujang Suwarna, S.Hut., M.Sc. menyambut dengan antusias acara ini. Ujang menyampaikan bahwa sebagai bagian dari komunitas science, tentunya sangat menyadari pentingnya standar di setiap produk, sistem dan proses. "Sebagai masyarakat Indonesia tentunya kita perlu untuk lebih mengetahui tentang pentingnya standar nasional Indonesia dan penerapannya," ungkap Ujang. Ia berharap setelah mendapatkan arahan dan pengertian tentang BSN dan Standar Nasional Indonesia (SNI) ini, para mahasiswa dapat mengambil bagian dalam mensukseskan dan mensosialisasikan SNI ini.

Dalam acara SNIzen Meet Up dengan tema "Mengenal BSN Lebih Dalam", Pranata Humas Ahli Muda BSN, Reza Aditya Saputra, memberikan materi secara interaktif. Reza menjelaskan tugas dan fungsi dari BSN, dan juga beberapa contoh produk ber-SNI yang ada di sekitar kita serta beberapa contoh dari UKM yang telah mengimplementasikan SNI. "Tanpa kita sadari, di sekitar kita terdapat banyak produk yang sudah memiliki SNI. Produk-produk ini telah dijamin kualitasnya karena telah melewati berbagai pengujian yang didasarkan pada spesialisasi yang ditentukan," jelasnya.

Untuk menambah keseruan acara, ditengah-tengah acara diadakan kuis berhadiah serta sesi tanya jawab seputar standardisasi dan penilaian kesesuaian. Sejak 2015 IPB telah melaksanakan kerjasama dengan BSN, Salah satu implementasinya adalah penyelenggaraan SNIzen Meet Up. (Awg)