Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

JSEG ISO/IEC Eksplorasi Kebutuhan Standardisasi Metaverse serta Teknologi Terkini

  • Jumat, 31 Maret 2023
  • 2986 kali

Standardization Programme Coordination Group (SPCG) yang terbentuk dari IEC/SMB (International Electrotechnical Commission/ Standardization Management Board) dan ISO/TMB (International Organization for Standardization/Technical Management Board) telah merekomendasikan untuk mendirikan tim gabungan atau Joint ISO/IEC Standardization Evaluation Group (JSEG) bidang Metaverse

Hal ini dikatakan Standardization and Technical Policy Director ISO, Marco Rossi dalam kesempatan ISO Monthly Meeting Regional Asia Pasifik, pada Rabu (29/3/2023) secara daring. Badan Standardisasi Nasional (BSN) hadir secara rutin dalam rapat bulanan dimaksud bersama National Standards Body (NSB) di kawasan Asia Pasifik.

Tugas-tugas JSEG Metaverse, lanjut Marco Rossi, diantaranya adalah mengembangkan pemahaman yang selaras sekaligus mendefinisikan apa itu Metaverse; identifikasi segala kebutuhan Standardisasi Metaverse sesuai dengan penelitian ilmiah yang tersedia, aktivitas berkenaan teknologi dengan standardisasi; termasuk segala perkembangan tren teknologi kedepan dan kebutuhan standardisasinya. 

Informasi lain dalam ISO Monthly Meeting Regional Asia Pasifik, disampaikan oleh ISO Secretary-General, Sergio Mujica. 

Sergio menjelaskan ISO Strategy Design sedang disusun, setelah dilaksanakan asesmen dan gap analysis oleh ISO Council pada Februari 2023. 

"Bulan Maret, April, Mei 2023 ISO/CS Council Taskforce dijadwalkan untuk menyelesaikan desain ISO Strategy sesuai asesmen dan gap analysis yang telah dilakukan," ungkapnya. 

Draf final ISO Strategy Design, sambungnya, akan dipresentasikan dalam salah satu kegiatan di ISO Annual Meeting Bulan September 2023 mendatang. Terdapat 4 Drivers of Change pada ISO Strategy Design yang sedang disusun, yaitu Ekonomi, Masyarakat, Teknologi, dan Lingkungan. 

Sementara itu, tahun 2023 akan digelar Elections to ISO Governance Roles untuk posisi yang terdiri dari 5 Council members; 3 TMB members; 3 CPAG members; 3 ITSAG members; ISO VP (policy); CASCO Chair; dan COPOLCO Chair. 

"Election to ISO Governance Roles akan berlangsung hingga September 2023, dengan periode pengumpulan data kandidat pada 3 Februari sampai 3 Mei 2023; pengumuman kandidat pada Juni 2023; pemberian suara kandidat dan pengumuman hasil akhir akan dilaksanakan pada saat ISO Annual Meeting pada September 2023 mendatang," jelas ISO Governance Director, Josè Baltar. 

Berkenaan dengan kegiatan-kegiatan penting ISO sepanjang tahun 2023, ISO C/S Team Leader, Regional Engagement, Jaymi Stephens menjabarkan antara lain CASCO Plenary 2023, pada 25-28 April 2023 di Jenewa - Swiss; COPOLCO Plenary 2023 pada 22-26 Mei 2023 di New Delhi - India; serta ISO Annual Meeting 2023 tanggal 18-22 September 2023 di Brisbane - Australia. (PjA - Humas).