Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standar Berdampak pada Harmonisasi Digital Trade ASEAN – Australia

  • Kamis, 30 Maret 2023
  • 2963 kali

Perdagangan digital menghadirkan peluang baru bagi Australia dan Negara Anggota ASEAN atau ASEAN Member States (AMS). Hal ini memiliki potensi untuk menyentuh semua aspek ekonomi global. Seiring transisi perdagangan menuju arus data lintas batas dan perdagangan jasa, maka sektor ekonomi perlu dipersiapkan. Sangat penting bagi pemerintah dan industri untuk menyelaraskan dalam mengadopsi teknologi digital baru, memastikan interoperabilitas dan aliran data terbuka, dan meminimalkan gesekan perbatasan. Standar Internasional dapat membantu dengan pergeseran ini. 

ASEAN-Australia Digital Trade Standards (ASEAN-AU DTS) Initiative merupakan dukungan dari Australia untuk menetapkan standar digital yang kuat, untuk membangun kepercayaan seputar perdagangan digital dan meningkatkan arus perdagangan di kawasan ASEAN yang telah dilaksanakan sejak 2018.

Dalam rangka berkontribusi secara maksimal, standar internasional hadir guna memaksimalkan segala potensi yang tersedia untuk semakin memajukan perdagangan digital atau digital trade secara harmonis yang dalam konteks ini dalam regional ASEAN – Australia. Memasuki tahun ke-4 dari ASEAN-AU DTS Initiative, Standards Australia memfasilitasi Fellowship Program yang telah dilakukan sejak 6 bulan terakhir dari tahun 2022.  

Forum ASEAN-AU DTS Initiative dengan objektif untuk mempertemukan para profesional bidang digital trade ASEAN – Australia dengan mentor yang berpengalaman ini, membawa dampak peningkatan wawasan secara menyeluruh sekaligus pengimplementasian standar internasional yang berkontribusi di dalam pengembangan digital trade di kawasan,” ungkap Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN), Konny Sagala saat memberikan sambutannya dalam forum ASEAN – Australia Digital Trade Standards Initiative Fellowship Showcase Event pada Rabu, 29 Maret 2023 di Jakarta. 

Senada dengan hal tersebut, Duta Besar Australia untuk ASEAN, Will Nankervis menyebut bahwa kerja sama ASEAN - Australia berusia hampir 50 tahun, artinya telah banyak terjadi pertukaran dagang sepanjang waktu tersebut, yang saat ini terus berkembang dalam bentuk digital trade. Australia mendukung penuh termasuk inisiatif Digital Trade Standards (DTS) melalui implementasi standar internasional untuk memperkokoh hubungan digital trade ASEAN - Australia. Sebagai program kegiatan di bawah forum DTSCWG, Ichwan Nasution, Kepala Pusat Kelembagaan Internasional - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sebagai Chair DTSCWG 2022, turut hadir untuk menyampaikan isu pada forum tersebut.

Kegiatan yang berlangsung pada 29 – 30 Maret 2023 ini, diproyeksikan mampu untuk menyelaraskan keahlian di bidang digital trade sekaligus standardisasi digital trade, yang memberikan kesempatan lebih banyak bagi para profesional ASEAN pada bidang dimaksud untuk mengimplementasikan wawasan baru yang diperoleh di negaranya masing-masing. 

Pada akhirnya, akan menghasilkan aksesibilitas, efisiensi, juga inklusivitas yang menyeluruh untuk sektor digital trade melalui peranan standardisasi lintas Kawasan ASEAN.

Indonesia, khususnya BSN pun turut serta berkontribusi dalam program ini. Sebagai Mentor yaitu Azmi Zuhdi dari Pusat Data dan Informasi serta sebagai Fellow adalah Ari Nugraheni dari Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian. Selain Indonesia, turut hadir Thai Industrial Standards Institute; Bureau of Philippine Standards; Vietnam National Institute of Software and Digital Content Industry – Ministry of Information and Communications; Department of Standardization and Metrology (DOSM) Laos; serta ASEAN Secretariat.

Sementara itu, sesi di hari pertama fokus membahas serta mengelaborasi materi mengenai Digital Trade and Logistics Day. Kegiatan dilanjutkan dengan tema Digital Transactions Day pada hari kedua yang keduanya dipandu oleh Senior International Project Manager Standards Australia, Brendan Slowey dan International Engagement Manager Standards Australia, Summer Lamont.  (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Standar Berdampak pada Harmonisasi Digital Trade ASEAN – Australia