Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Upgrading Isu STRACAP dalam Perjanjian ATIGA Dukung Implementasi SPK di ASEAN

  • Rabu, 29 Maret 2023
  • 3049 kali

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan Trade Negotiating Committee (TNC) yang dilaksanakan pada tanggal 25-27 Februari 2023 di Bandung, Jawa Barat, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama National Standardization Body (NSB) dari negara-negara anggota ASEAN (AMS) melaksanakan pertemuan ke 2 Upgrading Chapter Standards, Technical, Regulations, and Conformity Assessment Procedures (STRACAP) dalam Perjanjian ASEAN Trade In Goods Agreement (ATIGA) pada Selasa hingga Rabu, 28 - 29 Maret 2023 secara daring. 

Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas implementasi ATIGA, khususnya yang terkait isu STRACAP diantara sektor prioritas di bawah forum ACCSQ (product working groups). Inisiatif ATIGA Upgrade ini, merupakan salah satu jawaban dari tantangan global terhadap perkembangan isu lintas sektor diantara tiga pilar ASEAN (pilar ekonomi, sosial budaya dan politik) termasuk isu ekonomi digital yang mempengaruhi pola perdagangan barang. ATIGA sendiri, merupakan perjanjian mengenai pembentukan perdagangan bebas di kawasan ASEAN melalui penurunan tarif dan pengurangan hambatan perdagangan. Perjanjian ini telah ditandatangani pada 26 Februari 2009, dan diimplementasikan sejak 17 Mei 2010 sehingga dipandang perlu dilakukan upgrading dengan mempertimbangkan dinamika perdagangan regional dan global.

Forum perundingan ini secara umum membahas artikel pada ATIGA khususnya isu teknis Standards, Technical Regulation, Conformity Assessment Procedures dan mekanisme yang disepakati untuk memfasilitasi perdagangan barang melalui saling keberterimaan hasil penilaian kesesuaian serta transparansi.

Lebih lanjut, "Cetak Biru Tahun 2025 ASEAN Economic Community (AEC) perlu menitikberatkan pada upaya ASEAN dalam mendukung keserasian atau kohesivitas ekonomi," sebut Analis Standardisasi Ahli Madya BSN, Aderina Uli Panggabean. Tugas forum ini, lanjut Aderina, sangat erat kaitannya dengan tugas utama ACCSQ dalam mengharmonisasikan standar internasional, regulasi teknis dan mengembangkan MRA dengan harapan dapat mengoptimalkan integrasi ekonomi di ASEAN. 

Pada akhirnya, upaya ASEAN dalam upgrading ATIGA Chapter STRACAP akan merujuk pada kesepakatan AMS dari teks perundingan RCEP yang digunakan sebagai referensi dengan semangat yang sama melalui peningkatan komitmen AMS dalam saling keberterimaan hasil penilaian kesesuaian serta mekanisme monitoring implementasi MRA dan pengawasan pasar.  (PjA - Humas)