Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kabar Gembira buat UMKM, Urus SNI Gratis!

  • Selasa, 21 Maret 2023
  • 2300 kali

Jakarta - Dalam upaya meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil (UMK), pemerintah memberi kemudahan izin berusaha serta pembinaan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). Melalui aplikasi Sistem Perizinan Tunggal (Online Single Submission/OSS), UMK bisa memproses Nomor Induk Berusaha (NIB) dan memperoleh Tanda SNI bina-UMK.
Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad mengatakan, Tanda SNI bina-UMK ditetapkan oleh BSN untuk digunakan oleh UMK bersamaan dengan diperolehnya NIB.
"Tanda SNI bina-UMK diperoleh, setelah UMK berkomitmen untuk memenuhi SNI dibuktikan dengan mengisi checklist tata cara memproduksi barang atau menghasilkan jasa yang memenuhi persyaratan SNI yang terintegrasi dalam OSS," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/3/2023).
BSN memberikan bimbingan penerapan SNI bagi UMK bersama dengan Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah terkait. UMK yang telah mendapatkan NIB dan Tanda SNI bina-UMK, berhak mendapatkan pembinaan dari BSN.
"Untuk mendapatkan pembinaan, UMK bisa melakukan pendaftaran pada Aplikasi Sistem Informasi SNI Bina UMK yang disediakan oleh BSN," kata Kukuh.

Pembinaan diberikan mulai dari tahap peningkatan kompetensi, penerapan SNI, sertifikasi SNI, hingga peningkatan akses pasar baik lokal maupun global. Beberapa UMKM binaan BSN telah berhasil menembus pasar internasional seperti Turki, Amerika Serikat dan Timur Tengah dan lainnya.
Menurut Kukuh, penerapan SNI menjadi penting, karena produk yang terstandar dan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku, akan meningkatkan kepercayaan konsumen, sehingga akses pasar dan omzet meningkat.
Setelah mendapatkan NIB, pelaku usaha bisa mengakses situs www.binaumk.bsn.go.id, login memakai nomor NIB, dengan terlebih dahulu melakukan aktivasi akun melalui link yang dikirimkan ke email atau WhatsApp.
Dengan memanfaatkan akun pada aplikasi SNI bina-UMK, maka UMK dapat mengakses langsung pembinaan penerapan SNI berbasis online. Antara lain video panduan penerapan SNI pada berbagai jenis produk, E-book panduan penerapan SNI pada produk.
Lalu Infografis terkait SNI dan informasi lain terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian, pelatihan dan bimbingan teknis terkait penerapan SNI dan konsultasi penerapan SNI gratis secara online.
BSN telah meluncurkan media pembinaan berupa video visual yang dapat menjadi acuan dalam membuat berbagai jenis produk memenuhi SNI seperti keripik singkong, amplang, tahu, tempe, minuman sari buah, bibit kambing, ubin, batik dan lainnya. Ada sekitar 100 video yang tersedia hingga akhir Maret 2023.
Setelah mendapatkan pembinaan dan pelatihan, UMK bisa mempraktekkannya ke proses produksi usahanya dan mengirimkan bukti berupa foto-foto dan video yang diunggah di website SNI Bina UMK. Jika lolos verifikasi dan memenuhi persyaratan, UMK akan diberikan fasilitas sertifikasi SNI.
Berdasarkan data yang dimiliki BSN, sejak dioperasikannya OSS/Sistem Perizinan Tunggal untuk pelaku UMK, sampai saat ini tercatat sekitar 145.936 pelaku usaha mikro dan kecil yang mendapatkan hak untuk menggunakan tanda SNI bina-UMK secara gratis.
Bidang usaha yang terdaftar meliputi sektor Kimia, Pangan, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kesehatan, Lingkungan, Elektro, Mekanika, Permesinan, Energi, Fisika, Transportasi, Teknologi Informasi, Konstruksi, Ekonomi Kreatif, Kehutanan, dan Biologi.


Tautan Artikel: Kabar Gembira buat UMKM, Urus SNI Gratis!

 

Artikel Terkait:

https://www.balipuspanews.com/tingkatkan-daya-saing-umk-pemerintah-berikan-kemudahan-izin-berusaha-dan-pembinaan-sni.html

 

https://wartakota.tribunnews.com/2023/03/21/urus-sni-bagi-pelaku-ukm-kini-mudah-dan-tanpa-biaya-ini-cara-daftar-sni-online

 

https://www.suaramerdeka.com/ekonomi/048135456/ini-dia-manfaat-penerapan-sni-bagi-umk-mudah-tanpa-biaya-dan-menguntungkanhttps://www.suaramerdeka.com/ekonomi/048135456/ini-dia-manfaat-penerapan-sni-bagi-umk-mudah-tanpa-biaya-dan-menguntungkan

 

https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/725164/penerapan-sni-bagi-umk-mudah-tanpa-biaya-dan-menguntungkanhttps://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/725164/penerapan-sni-bagi-umk-mudah-tanpa-biaya-dan-menguntungkan

 

 https://www.liputan6.com/news/read/5239172/pendaftaran-sni-mudah-bsn-yakin-usaha-mikro-kecil-makin-maju




­