Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Bahas Hasil Jajak Pendapat, BSN Undang Komite Teknis Serta Asosiasi Terkait

  • Minggu, 12 Maret 2023
  • Humas BSN
  • 166 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan rapat pembahasan hasil jajak pendapat Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) dari Komite Teknis 77-02 Produk Logam Hilir, pada Selasa (7/3/2023).

Rapat tersebut diadakan secara hybrid di Kantor BSN, dan dihadiri oleh sejumlah anggota komite teknis 77-02, konseptor, asosiasi terkait serta pemberi tanggapan teknis.

Rapat dibagi menjadi 2 sesi, dengan sesi pertama pembahasan untuk RSNI3 Kaleng baja lembaran tipis lapis timah untuk pangan olahan (Kaleng Bj LTE) dan sesi kedua pembahasan untuk RSNI3 Profil rangka baja ringan.

Rapat ini dibuka oleh Plt. Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi dan Teknologi Informasi, Iryana Margahayu. Menurut Iryana, tanggapan-tanggapan yang masuk dapat memberikan keterbukaan wawasan bagi konseptor maupun anggota komite teknis.

“Saya yakin baik anggota komtek maupun pemberi tanggapan mempunyai maksud dan tujuan yang sama, supaya SNI ini bisa diterapkan dengan lebih baik, untuk produk yang lebih berkualitas, dan untuk Indonesia yang lebih baik.” ungkap Iryana.

Sebagaimana diketahui, proses perumusan SNI dilakukan melalui beberapa tahap, salah satunya adalah tahap jajak pendapat. Jajak pendapat untuk RSNI3 bertujuan untuk mendapatkan masukan dari stakeholder seluas-luasnya. Tanggapan dalam proses jajak pendapat terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tanggapan editorial mengenai format penulisan dan kesalahan pengetikan, dan tanggapan teknis mengenai persyaratan teknis dari RSNI3.

Setelah didiskusikan secara komprehensif oleh peserta rapat, terdapat beberapa tanggapan teknis yang disetujui dan tidak disetujui oleh anggota komite teknis. Rapat ditutup dengan adanya kesepakatan dari semua pihak, sehingga RSNI3 Kaleng baja lembaran tipis lapis timah untuk pangan olahan (Kaleng Bj LTE) dan RSNI3 Profil rangka baja ringan dapat berlanjut ke tahapan selanjutnya. (hps/humas)

 

Galeri Foto: Bahas Hasil Jajak Pendapat, BSN Undang Komite Teknis Serta Asosiasi Terkait