Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Apresiasi Industri Terapkan SNI

  • Kamis, 02 Maret 2023
  • 836 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengapresiasi industri yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Termasuk Perkumpulan Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) yang anggotanya secara konsisten telah menerapkan SNI.

Demikian disampaikan Kepala BSN, Kukuh S Achmad, di Kantor BSN, Jakarta pada Selasa (28/2/2023) saat menerima audiensi ASPADIN. “BSN mengapresiasi industri yang telah menerapkan dan patuh terhadap SNI,” ujar Kukuh.

Kukuh yang didampingi oleh Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal BSN, Heru Suseno serta Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Nindya Malvins Trimadya, menyatakan bahwa pihaknya selalu melibatkan seluruh stakeholder dalam pengembangan SNI. Konsensus atau kesepakatan seluruh stakeholder, baik perwakilan dari pemerintah, industri, pakar maupun konsumen, menjadi prinsip utama dalam penyusunan SNI.

Sementara itu, menanggapi Kukuh terkait penerapan SNI, Ketua Umum ASPADIN, Rachmat Hidayat mengungkapkan dukungannya terkait betapa pentingnya standar. “Standar krusial, menyelamatkan Indonesia. Standar menjadi benteng untuk keamanan pangan. ASPADIN, dukung 100% pentingnya SNI,” ungkap Rachmat.

Asosiasi yang berdiri sejak tahun 1991 ini sangat berkomitmen terhadap penerapan SNI. “ASPADIN mensyaratkan untuk menjadi anggota, diwajibkan untuk sudah memiliki SNI dan izin edar dari Badan POM,” tegas Rachmat.

Tercatat, sampai saat ini 278 perusahaan air minum dalam kemasan dari seluruh Indonesia telah menjadi anggota ASPADIN, mulai dari Nanggroe Aceh Darussalam hingga Papua.

Selain itu, berdasarkan data Badan Pusat Statitistik (BPS) 2021, disebutkan bahwa kontribusi AMDK dan industri makanan dan minuman bagi perekonomian nasonal sebesar 6,4% terhadap PDB dan 38,05% terhadap total industri non-migas nasional.

Melalui audiensi ini, Rachmat yang didampingi Direktur Eksekutif ASPADIN, Rubijanto Pambudi; Wakil Sekretaris Jenderal ASPADIN, Firman Kusuma; Bidang Kemitraan ASPADIN, Marfusita Hamburgiwati; dan Bidang Advokasi ASPADIN, Daniel Abimanyu berharap dapat terjalin kerja sama yang lebih baik sehingga dapat berkontribusi membangun Indonesia yang berdaya saing dengan SNI. Bangga Memakai SNI !!! (nda-humas)

 

Galeri Foto : https://bsn.go.id/main/galeri/detail/5197/bsn-apresiasi-industri-terapkan-sni#image1