Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Bina UMK, Permudah Penerapan SNI Bagi UMK

  • Selasa, 21 Februari 2023
  • 1155 kali

Dengan semakin banyaknya Usaha Mikro Kecil (UMK) yang muncul, Badan Standardisasi Nasional (BSN) mendorong UMK untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo mengatakan, UMK harus melihat SNI sebagai panduan mereka untuk mengetahui harapan masyarakat Indonesia terhadap kualitas produk, barang, dan jasa yang mereka gunakan.

“Dengan mengetahui hal tersebut, UMK dengan sukarela akan tertarik untuk menerapkan standar tersebut,” kata Donny dalam wawancara pada program 3-Hour News Show yang ditayangkan oleh SEA Today, Senin (20/2/2023).

Donny mengungkapkan, dahulu masyarakat secara umum memandang bahwa penerapan SNI itu rumit. Namun sejak tahun lalu, BSN telah membuat tahapan yang lebih mudah bagi UMK untuk memenuhi persyaratan SNI, yakni melalui program SNI Bina UMK.

Maka, guna membantu UMK memahami tentang program tersebut dan penerapan SNI, BSN akan meluncurkan banyak video sederhana tentang bagaimana cara memproduksi suatu produk. Penjelasan video dinilainya lebih efektif karena usaha mikro kecil lebih mudah memahami penjelasan secara visual. “Diharapkan ini akan memudahkan UMK untuk mengikuti panduan yang ditampilkan dalam menerapkan SNI,” tutur Donny.

Lebih lanjut Donny menjelaskan, ketika suatu UMK melihat satu video, lalu mereka mengikuti panduan dan langkah-langkah dalam video, maka dapat dikatakan UMK tersebut telah melakukan produksi sesuai SNI. Selanjutnya BSN bekerja sama dengan pemerintah daerah maupun kementerian/lembaga untuk memastikan kesesuaian produk tersebut.

BSN juga bekerja sama dengan lembaga sertifikasi untuk memiliki prosedur khusus dalam pengujian produk bagi UMK. Menurut Donny, ketika UMK sudah mengikuti instruksi dan persyaratan yang ada di video, maka resiko ketidaksesuaian dengan persyaratan SNI juga akan berkurang. Maka kebutuhan pengujian yang dibutuhkan pun akan berkurang.

Donny berharap dengan program SNI Bina UMK ini dapat membuat proses standardisasi lebih efisien, dengan proses yang lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat.(tyo-humas)




­