Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Lakukan Audiensi dengan PLUT Bali Dalam Rangka Penjajakan SNI Corner

  • Kamis, 16 Februari 2023
  • 1266 kali

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan audiensi ke Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pemprov Bali, di Denpasar, pada Selasa (14/2/2023). Audiensi dihadiri oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi (HKLI) BSN yang diwakili oleh Koordinator Substansi Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin dan tim.

Tim HKLI BSN disambut oleh Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, A. A. Ngr. Ag. Satrya Diana, dan dihadiri oleh Kabid Kelembagaan Koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali sekaligus Plt Sekdis I Ketut Meniarta, Kepala UPTD Diklat KUMKM Provinsi Bali, I Wayan Joniarsa dan para pejabat serta staf lainnya.

Dalam kesempatan ini, Minanuddin menjelaskan maksud kedatangannya adalah untuk mengenalkan Tupoksi BSN serta berdiskusi lebih mendalam terkait SNI Corner di Bali yang berada di UPT Perpustakaan Universitas Udayana. SNI Corner bertujuan untuk menyebarkan informasi mengenai Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) serta diharapkan dapat menjadi rujukan informasi bagi PLUT Bali dalam pendampingan ke UKM misalnya dalam bentuk literasi/ dokumen standar.

Sementara itu, Satrya menjelaskan mengenai PLUT Bali dan mengatakan bahwa di Bali ada 5 plut, yaitu Denpasar, Jembrana, Gianyar, Buleleng dan Klingkung. Satrya juga menegaskan bahwa idealnya PLUT haruslah ada SNI Corner yang menjadi rujukan informasi sebagai bentuk dalam pendampingan UMKM. Satrya berharap agar SNI Corner ini agar dapat segera direalisasikan serta berharap agar sinergis dengan kegiatan PLUT dalam hal pendampingan UKM untuk ekspor, nib (kur).

I Ketut Meniarta menambahkan bahwa saat ini sudah dibentuk inkubator bisnis pada tahun 2021, dan untuk itu BSN dan PLUT Bali dapat berjalan beriringan dalam memberikan pemdapingan. I Ketut Meniarta berharap kedepannya BSN dapat memberikan seminar/ literasi informasi mengenai standardisasi dan penilaian kesesuaian kepada pegawai PLUT dalam waktu dekat. (her-fir-alb)