Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Raih Penghargaan Sistem Merit Kategori Baik dari KASN

  • Kamis, 08 Desember 2022
  • 941 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk penerapan Sistem Merit (Merit System) ASN dengan kategori "Baik". Penghargaan tersebut diterima secara simbolis oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Hukum BSN, Singgih Harjanto yang diberikan oleh Ketua KASN, Agus Pramusinto dan Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto dalam Anugerah Meritokrasi: Penyerahan Hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN Kepada Instansi Pemerintah Kategori “Sangat Baik” dan “Baik” di Jakarta pada Kamis (8/12/2022). 

KASN sendiri telah menetapkan 174 instansi pemerintah yang memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit “Sangat Baik” dan “Baik” yang terdiri atas 30 instansi pemerintah yang meraih kategori “Sangat Baik” dan 144 peraih predikat “Baik” serta menetapkan tingkat penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN terhadap Instansi Pemerintah di Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Dan BSN, masuk dalam peraih predikat Baik.

Berdasarkan serangkaian proses proses penilaian dan verifikasi dokumen serta lapangan yang dilakukan oleh KASN, BSN masuk dalam kategori III (Baik) melalui Keputusan KASN No. 54/KEP.KASN/C/XI/2022 tentang Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Lingkungan Badan Standardisasi Nasional.

Penilaian dilakukan melalui aplikasi pengawasan mandiri penilaian sistem merit berbasis teknologi informasi bernama Sistem Informasi Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit (Sipinter) milik KASN.

Singgih mengatakan BSN berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam kebijakan dan manajemen ASN. "Harapannya ke depan, BSN dapat terus meningkatkan penerapan sistem merit yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar, yang pada akhirnya dapat mewujudkan ASN yang profesional, birokrasi andal dan berkelas dunia," ujar Singgih.

Sementara itu, Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas, mengapresiasi segenap instansi pemerintah yang telah berhasil mendapatkan predikat baik dan sangat baik implementasi sistem merit.

“Saya ingin mengucapkan selamat dan sukses bagi 174 instansi pemerintah baik kementerian atau lembaga atau pemerintah daerah yang telah ditetapkan KASN untuk mendapatkan penghargaan sistem merit dengan predikat sangat baik dan baik. Saya sangat mengapresiasi komitmen ini. Mudah-mudahan teman-teman yang mendapatkan predikat baik dan sangat baik akan menularkan kepada pemda dan instansi atau lembaga yang penilaiannya masih buruk atau kurang baik dan seterusnya,” urai Menteri Anas.

Dia melanjutkan, penilaian sistem merit ini menjadi hal yang penting dalam memperbaiki kinerja ASN. Oleh karena itu, penguatan kebijakan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit menjadi sangat penting dalam upaya mendorong perbaikan pelayanan publik melalui terciptanya SDM ASN yang andal. Hal tersebut selaras dengan lima prioritas presiden yang poin pertamanya adalah pembangunan SDM.

Oleh karenanya, Anas menekankan pentingnya untuk mereformasi birokrasi di Tanah Air. "Reformasi struktural akan membuat instansi pemerintah makin sederhana, simpel, dan lincah," pungkas Anas. (nda-humas/Red: Arf)

Galeri Foto : https://bsn.go.id/main/galeri/detail/3998/bsn-raih-penghargaan-sistem-merit-kategori-baik-dari-kasn-#image1 




­