Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

HUT ke-19, PLN Pusertif Memiliki Perangkat SPK Terlengkap

  • Selasa, 29 November 2022
  • Humas BSN
  • 498 kali

PT. PLN Pusat Sertifikasi (PLN Pusertif) yang mempunyai tugas utama melaksanakan kegiatan sertifikasi di bidang ketenagalistrikan merayakan hari jadinya yang ke-19 tahun, pada Selasa (29/11/2022) di PLN Corporate University, Jakarta. 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad menyampaikan, “Selamat ulang tahun ke-19, PLN Pusertif menjadi salah satu perusahaan di lingkungan BUMN yang memiliki perangkat di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) atau Conformity Assessment yang terlengkap dengan dimilikinya lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi, laboratorium baik untuk uji maupun kalibrasi.”

Dalam menjalankan kegiatan sertifikasinya, PLN Pusertif telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) salah satunya adalah sebagai Lembaga Inspeksi sesuai SNI ISO/IEC 17020:2012 Penilaian kesesuaian - Persyaratan untuk pengoperasian berbagai tipe lembaga inspeksi.

“KAN diberi tugas untuk memastikan kompetensi lembaga sertifikasi, laboratorium dan lembaga inspeksi di Indonesia sesuai dengan standar internasional. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki jaringan yang kuat dengan pengelolaan lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi maupun laboratorium. Perjalanan PLN Pusertif ke depan masih panjang, tugas masih banyak. Salah satu program prioritas Pemerintah saat ini yang harus didukung oleh PLN Pusertif yaitu pembentukan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), semua Standar Nasional Indonesia (SNI) yang diperlukan untuk ekosistem kendaraan listrik tersebut sudah selesai disusun, bahkan skema akreditasi dan sertifikasi untuk lingkup SPKLU telah tersedia,” jelas Kukuh S. Achmad. 

Mengenai transisi energi dengan target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025, BSN dan KAN mendukung dengan tersedianya standar-standar, lembaga-lembaga sertifikasi, lembaga-lembaga inspeksi yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut. Komitmen BSN serta KAN untuk menjalankan tugasnya yang salah satu diantaranya adalah menyediakan lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi, dan laboratorium sesuai amanah UU No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Senada dengan itu, PLN Pusertif yang memiliki peranan komprehensif dan unik, mulai dari uji teknis, verifikasi TKDN, melakukan komisioning sampai operasional dijaga semua mutunya melalui sertifikasi. 

“Melalui penerapan Sistem Manajemen dapat menjamin mutu produk sistem kelistrikan dengan adanya sertifikasi sistem kelistrikan, sistem manajemen dan juga kalibrasi peralatan yang sangat penting, terutama bagi sistem pembangkitan listrik,” ungkap GM PLN Pusertif, Zainal Arifin.

Selamat ulang tahun ke-19 PLN Pusertif, semoga komitmen yang sudah diberikan dapat terus dijaga untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan Bangsa dan Negara Indonesia. (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: HUT ke-19, PLN Pusertif Memiliki Perangkat SPK Terlengkap