Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perpustakaan dan Layanan Informasi Berbasis Standar Nasional dan Internasional

  • Senin, 31 Oktober 2022
  • 2315 kali

Standar menjamin suatu produk aman digunakan. Tidak terbatas hanya produk dan barang saja, standar masuk ke semua lini. Untuk memastikan bisnis suatu perusahaan dapat survive atau berjalan dengan lancar dan sebagai bentuk tanggung jawab maka penting menerapkan standar.

Tidak hanya itu, standar bisa memfasilitasi perdagangan, tanggung jawab terhadap suatu produk yang digunakan, dan lain sebagainya. Termasuk, salah satunya terkait layanan informasi melalui sistem informasi yang perlu dijaga keamanan informasinya berbasis SNI ISO/IEC 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Dengan begitu, keamanan informasi perlu dijaga dengan penuh komitmen.

 

Demikian disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi Badan Standardisasi Nasional (BSN), Zul Amri dalam Seminar Penyelenggaran Perpustakaan dan Layanan Informasi Berbasis Standar Nasional dan Internasional di Palembang, Sumatera Selatan pada Kamis (27/10/2022).

Seminar yang diselenggarakan dalam rangka kegiatan SNI Corner ini merupakan kerjasama antara BSN dan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang. Sebagai rangkaian acara dari Bulan Mutu Nasional Tahun 2022, acara dihadiri oleh sivitas akademika UNSRI baik pustakawan dan dosen serta pustakawan yang tersebar di Palembang baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kota serta pengelola SNI Corner di seluruh Indonesia.

Senada dengan Zul, Kepala Perpustakaan UNSRI, Amrifan Saladin Mohruni mengatakan SNI ini sangat penting. Menurut Amrifan, seyogyanya acara ini wajib diikuti sivitas akademika untuk menambah pengetahuan dalam mengelola perpustakaan dan layanan informasi.

Sementara, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Zainuddin Nawawi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk penyelenggaraan Seminar Penyelenggaran Perpustakaan dan Layanan Informasi Berbasis Standar Nasional dan Internasional yang digelar di UNSRI.

“Seminar ini sangat penting bagi kita khususnya pustakawan dan pengelola SNI Corner serta pengelola layanan informasi dan akan lebih baik jika ada implementasi di perpustakaan atau di layanan informasi kita masing-masing yang berbasis standar untuk dapat menunjang institusi. Dengan adanya BSN memberikan seminar ini, maka diharapkan tingkat pengetahuan kita akan bertambah dan berguna bagi kita sendiri dan institusi,” tutur Zainuddin.

Seminar juga menghadirkan tiga pemapar yaitu Koordinator Kelompok Substansi Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin; Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Eko Yon Hendri; dan Dosen FMIPA UNSRI, Zainal Fanani.

Dalam kesempatan tersebut Minanuddin memaparkan mengenai Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Standar yaitu tentang tujuan Perpustakaan, kompetensi mengenai standar dan standardisasi, dan manfaat standar. Diakhir paparannya, Minanuddin menyampaikan tentang Lembaga yang berwenang menetapkan Standar di bidang Perpustakaan dan beberapa contoh standar internasional terkait layanan Informasi.

Selanjutnya, paparan kedua disampaikan oleh Yon Hendri yang mengatakan pentingnya menerapkan dan mengimplementasikan SNI ISO/IEC 27001:2013 dalam menjaga seluruh keamanan informasi. Standar ini dapat melindungi data dan informasi sehingga jika ingin berkolaborasi, maka seluruh data yang disinkronkan akan terjaga dengan baik.

“Dalam mengelola informasi ini maka kita dapat memilah dan memilih dokumen penting, tidak penting dan rahasia. Dengan adanya SNI ISO 27001 maka kita akan dapat meminimalisir kebocoran data dan informasi yang dianggap rahasia,” terang Yon Hendri.

Paparan terakhir disampaikan oleh Zainal Fanani. Menurut Zainal, komunikasi itu sangat penting khususnya peran pustakawan dalam dunia Pendidikan serta pentingnya kerja sama antara BSN dan UNSRI dalam mendukung misi kedua instansi.

Diawal dan diakhir acara panitia memberikan kuis sederhana dan disambut meriah oleh seluruh peserta baik yang hadir langsung dan online. Melalui seminar, Moderator Seminar, Novita berharap berkelanjutan guna menambah pengetahuan tentang kerahasiaan data. kuliah umum Selanjutnya, acara akan dilanjutkan Bedah Standar pada Jumat (28/10/2022) khusus untuk mahasiswa. (Dw,Alb,Fir,Idr,Dsy/red: nda-humas)




­