Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Talkhow dalam Festival UMKM ber-SNI di Palembang

  • Minggu, 30 Oktober 2022
  • 1947 kali

Dalam rangka Bulan Mutu Nasional 2022, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerjasama dengan tokomutu.com, Pemprov. Sumatera Selatan, dan International Council for Small Businesses (ICSB) Wilayah Sumatera Selatan menyelenggarakan Festival Produk UKM Ber-SNI pada 28-30 Oktober 2022 di Palembang Square, Sumatera Selatan.

Pada hari pertama Festival, Jumat (28/10/2022), acara dimeriahkan dengan Talkshow Kisah Sukses Ekspor UKM SNI, dengan moderator Koordinator Diseminasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Tintin Prihatiningrum.

Pada Talkshow tersebut hadir Ketua Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang sekaligus pemilik Pempek Cek Molek, Yenny dan Pemilik UKM Alishamarsya, Irna yang berbagi pengalaman bahwa setelah menerapkan SNI budaya kerja di UKM menjadi sangat baik, dan dari segi pangsa pasar menjadi semakin luas dan mudah mendapatkan kepercayaan buyer.

Hal ini disambut oleh CEO tokomutu.com, Pramudita Widhi Wasistha yang menyediakan platform jendela digital yang mempertemukan UKM dengan buyer nasional maupun internasional.

Sementara itu, hari kedua Festival UKM Ber-SNI, Sabtu (29/10/2022), dimeriahkan dengan acara Talkshow Pola Asuh Anak Aman dan Sehat dengan Produk ber-SNI, yang dimoderatori oleh Koordinator Fasilitasi Pelaku Usaha BSN, Muti Sophira Hilman.

Talkshow tersebut menghadirkan Psikolog, Urfaa Fajarwati yang menyampaikan bagaimana membangun kedekatan dengan anak melalui bermain bersama anak dengan mainan ber-SNI, sehingga orangtua dapat memahami karakteristik anak dan mendampingi hingga tercapai impiannya.

Pada kesempatan itu juga Inspektur BSN, Nur Hidayati berbagi dalam mendidik anak harus melalui contoh dari orangtua, khususnya dalam memilih produk yang aman dan ber SNI dalam beraktivitas bersama anak.

Hal ini disambut baik oleh Marketing Agnia Toys, Hidayati Karomah yang menyampaikan bahwa dengan menggunakan produk mainan ber-SNI orangtua sudah melindungi anak dari bahan berbahaya.

Di hari ketiga Festival UKM Ber-SNI, Minggu (30/10/2022), kembali hadir talkshow yang tidak kalah menarik dengan hari-hari sebelumnya. Kali ini mengangkat tema "SNI Minyak Makan Merah" yang dipandu oleh Analis Standardisasi dari BSN, Tegar Ega Pragita.

Talkshow SNI Minyak Makan Merah kali ini menghadirkan tiga narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Triningsih Herlinawati; Asisten Deputi Pengembangan & Pembaruan Perkoperasian Kemenkop UKM, Bagus Rachman; dan Peneliti Hilirisasi Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan, Manda.

Talkshow ini membahas bagaimana Minyak Makan Merah memiliki kelebihan seperti pro-vitamin A dan E serta nutrisi yang tinggi dibanding minyak goreng sawit pada umumnya dan dapat menjadi alternatif baru pengganti minyak goreng. Selain itu dibahas juga bagaimana BSN serta regulator terkait menguatkan penerapan standar, proses sertifikasi, pengujian bahkan pendampingan untuk para produsen.

Diharapkan kegiatan-kegiatan talkshow tersebut dapat menginspirasi masyarakat akan pentingnya produk ber-SNI.(Dit. PPSPK/Red: Arf)

 

Galeri foto: Talkshow Festival UMKM ber-SNI Palembang 2022