Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Produk ber-SNI untuk Keluarga Indonesia Berkualitas

  • Jumat, 28 Oktober 2022
  • 1189 kali

 

Kesadaran masyarakat Indonesia untuk membeli produk yang berkualitas dan terjamin mutunya semakin tinggi. Konsumen indonesia secara sadar membeli barang yang aman bagi kesehatan dan keamanan. Konsumen Indonesia pun secara aktif berbelanja untuk mendukung bisnis UMKM.

Menyikapi perilaku konsumen Indonesia yang memiliki kecenderungan positif tersebut yakni memilih produk yang berkualitas serta dalam rangka peringatan Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional (BMN), Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan tokomutu.com, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dan International Council for Small Business (ICSB) Sumatera Selatan menyelenggarakan Festival UMKM Ber-SNI di Palembang Square, Palembang, Sumatera Selatan pada Jumat-Minggu (28-30 Oktober 2022).

Plt. Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo dalam pembukaan Festival UMKM Ber-SNI di Palembang, Jumat (28/10/2022) mengatakan, di Indonesia, salah satu indikator memilih produk yang berkualitas adalah yang sudah bertanda Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk memberikan kesadaran pentingnya produk yang ber-SNI, dimulai dari keluarga.

“Tidak ada sekolah menjadi orang tua. Semua berawal dari keluarga. Bagaimana pola asuhnya termasuk didalamnya dalam memilih makanan, pakaian, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Yang pada akhirnya dengan menggunakan produk yang ber-SNI maka dapat menjadikan anak yang sehat, kuat, dan bahagia. Better future, Better Nation," tutur Donny.

Donny menekankan, keluarga menjadi elemen penting untuk menjadikan Indonesia berkualitas. “Kita semua yakin bahwa produk ber-SNI itu aman dan berkualitas. SNI akan dirasakan manfaatnya jika diterapkan (oleh produsen). Produsen akan terdorong (merasa butuh) menerapkan SNI, jika konsumen menjadikan SNI sebagai referensi utama dalam mengkonsumsi produk (market driven), dan keluarga adalah unit terkecil untuk menciptakan market driven tersebut,” ujar Donny.

Mengusung tema “Produk ber-SNI untuk Keluarga Indonesia Berkualitas”, Festival UMKM Produk Ber-SNI merupakan ajang promosi produk UMK Ber-SNI yang aman dan berkualitas kepada masyarakat, terutama keluarga.

Penyelenggaran Festival, tambah Donny, bertujuan untuk mengkampanyekan Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Memakai SNI, mendorong masyarakat (keluarga) untuk memilih produk UMK ber-SNI, serta memfasilitasi Business-Matching.

Festival dibuka oleh Ibu Hj. Febrita Lustia Herman Deru selaku Ketua TP PKK Sumatera Selatan dan Ketua Dekranasda Sumatera Selatan. Febrita menyampaikan bahwa penting bagi kita, konsumen, apalagi ibu-ibu sebagai penentu apa yang dimakan dan dipakai anggota keluarga, untuk selalu gunakan produk yang aman, berkualitas, dan ber-SNI. Peran ibu-ibu juga kadang double sebagai UKM, saya sangat mendorong agar UKM-UKM di Sumsel menerapkan SNI sebagai jaminan keamanan dan mutu.

Sebagai rangkaian kegiatan BMN tahun 2022, Festival UMKM Ber-SNI menghadirkan produk-produk berkualitas, berstandar SNI maupun Internasional dari 17 UMK dari Palembang, Lahat, Pagar Alam, Klaten, Musi Rawas, Depok, Kuningan, dan Yogyakarta. Produknya pun beragam, mulai dari makanan, seperti pangan olahan ikan, produk unggulan daerah seperti pempek, kerupuk ikan, abon ikan, madu, kopi, gula aren/gula palma, serta egg roll gluten free. Selain itu, juga terdapat produk mainan anak, kerajinan, alat kesehatan serta produk inovasi seperti modul kit sepeda listrik.

Tidak hanya UMK, dalam festival juga akan menampilkan industri penerap SNI seperti PT Servvo Fire Indonesia, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Paragon Technology and Innovation, dan PT Sinar Harapan Plastik, juga mitra atau stakeholders BSN, seperti Bank Indonesia, Sampoerna Education and Training, PT Polytama Propindo, PT Anindya Certification and Testing, PT. Triyasa Pirsa Utama, serta PT Garuda Sertifikasi Indonesia.

Selain itu, dalam Festival UMKM ber-SNI, juga akan diselenggarakan berbagai macam talkshow, yakni Talkshow Kisah Sukses UMK Ber-SNI, Pola Asuh Anak Sehat dan Aman dengan Produk ber-SNI, serta SNI Minyak Makan Merah sebagai Alternatif Pemenuhan Nilai Gizi Masyarakat.

Acara juga akan dimeriahkan dengan lomba-lomba seperti Lomba Stand Up Comedy SNI, Lomba Karaoke Keluarga, Lomba Tata Rias, Lomba Sajian Masak Pempek Ber-SNI, dan Lomba Seduh Manual (Tubruk) Kopi Ber-SNI. (humas)

 

Galeri foto: Produk ber-SNI untuk Keluarga Indonesia Berkualitas