Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Kenalkan SNI Bina UMK pada UMKM di Yogyakarta

  • Rabu, 26 Oktober 2022
  • 745 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut berpartisipasi dalam Temu Bisnis Nasional UMKM V yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Rabu dan Kamis, 26-27 Oktober 2022 di Gadjah Mada University Club Hotel, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Dies Natalis UGM ke-73.

Mengangkat tema "Penguatan UMKM dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi Covid-19 melalui Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Adaptif, Berdaya Saing dan Berkelanjutan", kegiatan ini menjadi ajang pertemuan tahunan yang menghadirkan kolaborasi pentahelix (UGM, pemerintah, perbankan, pasar dan UMKM) dengan menampilkan produk-produk UMKM, seminar hingga Bussiness Matching yang dihadiri pelaku UMKM dari seluruh Indonesia.

BSN hadir sebagai perwakilan dari pemerintah yang berperan dalam bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia. Dalam acara ini, BSN mengenalkan institusi secara kelembagaan, memberikan layanan konsultasi terkait Standar Nasional Indonesia (SNI), serta mengenalkan program SNI Bina UMK, yaitu tanda yang ditetapkan oleh BSN untuk digunakan oleh UMK yang telah memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk menjalankan kegiatan usaha dengan tingkat risiko rendah dan memproduksi barang dan/atau jasa dan berkomitmen menerapkan SNI dalam produknya.

Untuk menguatkan strategi dalam acara ini, BSN juga menggandeng Astro Bike yang merupakan UMKM binaan BSN yang memproduksi alat tambahan yang memungkinkan sepeda konvensional menjadi sepeda listrik yang telah menerapkan SNI 8613:2018 - Moped dan sepeda motor berpenggerak listrik, dan SNI ISO 9001:2015 - Sistem manajemen mutu.

Kehadiran Astro Bike dalam acara, juga untuk memperkuat keyakinan UMKM yang berkonsultasi dengan BSN, bahwa menerapkan SNI bukan merupakan suatu hal yang tidak mungkin bagi UMKM karena Astro Bike menjadi salah satu role model UMKM yang sukses menerapkan SNI.(Tyo-Humas)