Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

The Road to Net-Zero: Cegah Perubahan Iklim dengan Standar Internasional

  • Rabu, 24 Agustus 2022
  • Humas BSN
  • 448 kali

Perhelatan tahunan International Organization for Standardization (ISO) Annual Meeting 2022 akan segera digelar secara hybrid pada tanggal 19 - 23 September 2022 mendatang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. 

Event Manager ISO/CS - ISO Annual Meeting 2022, Klaus Hatlanek menjelaskan dalam forum daring bulanan Anggota ISO Asia Pasifik, pada Selasa (23/8/2022) bahwa batas waktu pendaftaran bagi para Anggota ISO untuk mengikuti seluruh gelaran acara adalah hingga 31 Agustus 2022 melalui annualmeeting.iso.org.

"4 minggu menuju ISO Annual Meeting 2022, berbagai persiapan sedang dilaksanakan panitia acara termasuk mengenai protokol Covid-19 terhadap kedatangan tamu luar negeri," ungkap Klaus Hatlanek.

Sementara itu, Team Leader Media and Engagement ISO, Maria Lazarte menjelaskan tentang berbagai program acara yang terus disempurnakan oleh panitia, mulai dari pertemuan para Anggota ISO hingga kunjungan ke tempat-tempat rekomendasi di Uni Emirat Arab, 

"Gelaran program ISO Annual Meeting 2022 terdiri dari banyak kegiatan, yaitu 34 seminar, 10 governance meetings, dan 3 kegiatan kunjungan ke tempat-tempat rekomendasi di Uni Emirat Arab," jelas Maria Lazarte. 

ISO Annual Meeting 2022, lanjut Maria, akan berfokus pada nol-bersih yang berkelanjutan atau net-zero sustainability. "Disini akan dielaborasi lebih lanjut bagaimana peranan standar internasional dapat membantu konstruksi perencanaan pencegahan perubahan iklim secara kredibel," pungkasnya. 

Selain itu, ISO Committee on Conformity Assessment (CASCO) Vice Chair, Caroline A. Outa-Ogweno menjelaskan bahwa CASCO akan menghelat dua workshop yaitu Building Trust: Trade in the Age of Digitalization dan Has Covid Launched the Digital Transformation of Conformity Assessment?, yang keduanya akan dilaksanakan pada 20 September 2022.

Masih di dalam rangkaian ISO Annual Meeting 2022, ISO Comittee on Consumer Policy (COPOLCO) Vice Chair, Eunsook Moon menyampaikan bahwa COPOLCO akan ikut berpartisipasi dengan mengadakan sesi workshop tematik dengan judul Can Tourism Service be Sustainable?, pada tanggal 22 September 2022.

Turut hadir dalam forum, perwakilan dari Japanese Industrial Standards Committee (JISC) yang berbagi pengalaman dalam kegiatan ISO/CASCO, dan perwakilan dari Malaysian Association of Standards Users yang menjelaskan berbagai kegiatannya yang berkecimpung di dalam ISO/COPOLCO. (PjA - Humas)