Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tiga Pemenang KSN Mewakili Indonesia pada Olimpiade Standar Internasional Ke-17

  • Selasa, 23 Agustus 2022
  • Humas BSN
  • 467 kali

Pada Mei - Juli 2022 lalu, Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) 2022. Tiga tim pemenang KSN 2022, menjadi perwakilan Indonesia dalam International Standards Olympiad atau Olimpiade Standar Internasional ke-17 yang diselenggarakan di Seoul, Korea secara online 23 -25 Agustus 2022.

Pada pembukaan acara, Selasa (23/8/2022), Administrator Korean Agency for Technology and Standards (KATS), Sanghoon Li, mengatakan meski diselengarakan secara online, kompetisi tahun ini tetap menjadi festival dimana kaum muda di dunia merayakan standar.

Olimpiade Standar Internasional adalah satu-satunya kompetisi standardisasi di dunia yang diselenggarakan oleh KATS bekerja sama dengan Korean Standards Assosiation (KSA). Olimpiade Standar Internasional bertujuan mempromosikan standar kepada generasi muda serta memberikan gambaran betapa standar penting dalam kehidupan manusia.

Tiga tim Indonesia yang berlaga dalam Olimpiade Standar internasional ke-17 ini adalah Tim SMA Bina Tunas Bangsa Jakarta yang terdiri dari Madeline Louise Agusalim, Joelliane Anggra, dan Fenice Felicia Kodrat; kemudian Tim SMA Narada Jakarta yang terdiri dari Kaelyn Sun, Justin Thiadi, dan Stephanie; serta Tim MAN Insan Cendikia Gorontalo yang terdiri dari Muhammad Isnan Basya Ramdhani, Muhammad Nabil Machmud, dan Fahreza Dwi Cahyo Purnomo.

Ketiga tim hadir secara daring bersama seluruh peserta dari 7 (tujuh) negara peserta diantaranya Indonesia, Jepang, China, Singapura, Rwanda, Rusia, dan Korea.

Menurut Chairman dan CEO KSA, Myung Soo Kang, standar sangat penting karena standar memberikan kenyamanan dan keamanan pada semua orang.

“Layaknya udara, kita tidak bisa hidup tanpa standar. Tanpa standar, masyarakat akan menderita seperti manusia tidak bisa bernafas. Dengan standar kita bisa membuat masa depan yang lebih baik,” ucap Myung Soo Kang.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal International Standard Organization (ISO), Sergio Mujica menyampaikan pada para peserta bahwa standar dapat diartikan sebagai formula yang menggambarkan cara terbaik untuk melakukan sesuatu. Bisa dalam bentuk produk, kontribusi kepada keberlanjutan, atau pengaturan efisiensi dan keamanan untuk rantai pasok global.

Sekretaris Jenderal dan CEO International Electrotechnical Commission (IEC), Philippe Metzger, menyampaikan bahwa kompetisi ini merupakan kesempatan unik untuk belajar tentang pentingnya standardisasi dan memahami dengan baik integrasi standar dengan teknologi, keilmuan, dan keberlanjutan. Standar sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Puncak acara Olimpiade Standar Internasional adalah pada Kamis, 25 Agustus 2022 dimana panitia akan mengumumkan juaranya. (Put – Humas)